PENGEMBANGAN APLIKASI PERHITUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN METODE ANALISIS NUMERIK TENTANG KONDUKSI KEADAAN TUNAK DIMENSI RANGKAP PADA MATA KULIAH PERPINDAHAN PANAS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Iswahyuni Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi perhitungan pada mata kuliah perpindahan panas yang valid praktis. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin kampus Indralaya. Aplikasi perhitungan perpindahan panas dikembangkan melalui tiga tahapan berdasarkan model pengembangan Rowntree, yaitu: perencanaan, persiapan, dan pengembangan. Aplikasi perhitungan ini dibuat agar mahasiswa dapat dapat membangun pengetahuannya secara mandiri. Setelah dilakukan pengembangan dilakukan tahapan evaluasi Tessmer, yaitu: evaluasi ahli (expert review), evaluasi orang per orang (one to one), evaluasi kelompok kecil (small group), uji coba lapangan (field test). Hasil uji validitas, kevalidan dari aplikasi perhitungan termasuk dalam kategori valid, sedangkan untuk persentase rata-rata kepraktisan dari evaluasi kelompok kecil dan uji coba lapangan adalah 81,14 % dengan kategori praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi perhitungan pada mata kuliah perpindahan panas di program studi Pendidikan Teknik Mesin valid dan praktis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v2i2.5336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.