PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUTOCAD PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Muhammad Iswadi, Harlin Harlin, Mohammad Amri Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media AutoCAD berbasis video pembelajaran yang  valid  dan  praktis  yang  digunakan  sebagai  alat  bantu  pembelajaran  gambar  teknik. Lokasi penelitian dilakukan di Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan, dengan desain pengembangan menggunakan metode pengembangan Rowntree, tahap – tahappengembangannya adalah sebagai berikut : (1) tahap pendahuluan , (2) tahap pengembangan, (3) tahap evaluasi. Hasil validasi ahli desain media menunjukkan skor aktual 34 yang termasuk dalam kategori sangat valid dan ahli materi menunjukkan skor aktual 31 yang termasuk dalam kategori valid. Hasil uji coba kelompok kecil  menunjukkan skor angket sebesar 81%, dan pada tahap uji lapangan skor angket sebesar 81%. Rata-rata persentase skor angket yang diperoleh pada tahap kelompok kecil dan uji lapangan adalah sebesar 81%, persentase ini termasuk dalam kategori praktis. Hal ini menunjukkan media AutoCAD berbasis video pembelajaran gambar teknik sudah valid dan praktis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v2i2.5337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.