PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI MOTOR DIESEL DI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Reni Yolanda, Harlin Harlin, Farhan Yadi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Komik Pada Mata Kuliah Teknologi Motor Diesel di Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya” bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan Komik yang valid, praktis dan memiliki efek potensial pada pembelajaran Teknologi Motor Diesel pada mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas  Sriwijaya.  Subjek  penelitian  ini  adalah  mahasiswa  Pendidikan  Teknik  Mesin angkatan 2012 Universitas Sriwijaya yang berjumlah 18 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitia pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli materi dan validasi ahli media, observasi, dan prosedur penyusunan instrumen. Validasi ahli dilakukan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran yang dihasilkan sedangkan observasi dilakukan untuk mengetahui kepraktisan produk. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap one to one evaluation, media komik dinyatakan valid dari aspek materi yang telah direvisi sesuai saran dari ahli dan mahasiswa. Dari evaluasi tahap small group didapat rata – rata persentase sebesar 87,04% dan pada tahap field test didapat rata – rata persentase sebesar 84,77% dan dari hasil tes didapat persentase 84,22% sehingga didapatkan kesimpulan media pembelajaran komik pada matakuliah Teknologi Motor Diesel pokok  bahasan  sistematika bahan  bakar diesel  dan  bagiannya dinyatakan  valid,  praktis  dan memiliki efek potensial.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v2i2.5340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.