ANALISIS KEMAMPUAN PRAKTIK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2011 PADA TAHUN 2014

Rio Sendi, Harlin Harlin, Mohammad Amri Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan praktik yang dimiliki mahasiswa pendidikan teknik mesin angkatan 2011, keahlian yang diteliti adalah kemampuan praktik yang berkaitan dengan mata kuliah teknologi sepeda motor, praktik kendaraan I, teknologi motor bensin, teknologi pembentukan dasar, diagnosis kendaraan dan praktik kendaraan II. Penelitian ini berbentuk deskriptif dengan menggabungkan dua metode penelitian yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Metodelogi pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi , sampel yang diambil yaitu keseluruan populasi yang berjumlah 31 orang mahasiswa pendidikan teknik mesin 2011 yang masih aktif. Data yang diambil dari wawancara untuk mengetahui permasalahan yang muncul dilapangan saat praktik, kemudian data dokumentasi yang diperoleh berupa transkrip nilai mata kuliah praktik untuk mengetahui pencapaian nilai secara klasikal mata kuliah dan indeks prestasi per individu, sedangkan observasi dilakukan untuk mengetahui fakta dilapangan selama praktik, dari data yang didapat menunjukan bahwa secara umum mahasiswa pendidikan teknik mesin 2011 sudah memiliki kemampuan praktik yang baik namun dengan catatan bahwa peralatan praktik yang digunakan masih terbatas sehingga kompetensi yang dicapai juga terbatas. Berdasarkan proses penelitian , peneliti menyarankan agar perlengkapan bengkel lebih ditingkatkan, serta penambahan mesin-mesin teknologi terbaru sehingga mahasiswa pendidikan teknik mesin FKIP UNSRI mampu bersaing di dunia kerja.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v2i2.5342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.