PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA MATA KULIAH SISTEM AC DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Ilham Akbar, Ali Fikri Asri, Mohammad Amri Santosa

Abstract


Penelitian yang dilaksanakan di program studi Pendidikan Teknik Mesin ini bertujuan untuk menghasilkan media audio visual interaktif berbasis komputer yang valid, praktis dan dapat memberikan efek potensial untuk pembelajaran mata kuliah Sistem Ac dan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini terdiri dari dua tahapan, yaitu tahapan pendahuluan dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2012 yang 17 berjumlah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran, sedangkan tes digunakan untuk tingkat pemahaman konsep mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Berdasarkan penilaian dari dosen dan rekan mahasiswa, media audio visual interaktif  berbasis komputer yang dikembangkan oleh peneliti sudah memenuhi kriteria kevalidan yang telah ditetapkan; (2) Berdasarkan penilaian dari rekan mahasiswa, media audio visual interaktif berbasis komputer yang dikembangkan oleh peneliti sudah memenuhi indikator kepraktisan dengan rata-rata 77 yang tergolong dalam kategori sangat baik; (3) Rata-rata tingkat pemahaman konsep mahasiswa dari hasil kedua post test adalah 77 yang tergolong dalam kategori efektif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i1.5345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.