• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR DI KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK PGRI TANJUNG RAJA | Fatoni | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR DI KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK PGRI TANJUNG RAJA

    Pebri Fatoni, Harlin Harlin, Imam Syofii

    Abstract


    Penelitian ini berjudul” Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Alat Ukur di Kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK PGRI Tanjung Raja”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar media pembelajaran multimedia interaktif yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran alat ukur. Tempat penelitian ini dilakukan di SMK PGRI Tanjung Raja pada tahun 2015/2016. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 yang berjumlah 3 orang,siswa kelas X TKR 2 berjumlah 10 orang dan siswa kelas X TKR 3 berjumlah 34 orang. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data mengunakan angket, wawancara dan tes. Angket  digunakan  untuk  melihat kevalidan media,  keperaktisan media/produk yang telah dikembangkan, wawancara dilakukan untuk mengetahui permasalahan awal produk yang akan dibuat dan  digunakan saat tahap one-to-one. Wawancara bertujuan untuk mendapatkan hasil penilain yang lebih mendalam dengan melakukan kontak langsung kepada siswa dan melihat kevalidan dari media yang telah dibuat. Kemudian tes digunakan untuk mengetahui efektifitas produk. Hasil penelitian ini adalah: (1) berdasarkan evaluasi pada tahap expert review dan one-to-one multimedia interaktif telah dinyatakan valid dari aspek desain dan content (isi media);(2) dari evaluasi tahap small grup dan field test diperoleh rata-rata persentase adalah 82,5%, sehingga dapat disimpulkan media interaktif alat ukut tergolong praktis, (3) Hasil post tes pada tahap field test adalah sebesar 79,41%, sehingga menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan flash tergolong efektif untuk digunakan dalam pembelajaran alat ukur.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i1.5351

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.