PERANAN PELATIHAN OTOMOTIF DALAM MENUNJANG KEGIATAN P4 MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan pelatihan otomotif dalam menunjang kegiatan Pengembangan dan Pengemasan Perangkat Pembelajaran (P4) Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNSRI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan instrument angket. Angket diberikan kepada mahasiswa yang pernah mengikuti pelatihan otomotif dan telah melaksanakan P4, serta kepada guru pamong dan kepala sekolah tempat mahasiswa melaksanakan P4.Jumlah responden dari mahasiswa adalah 30 orang, sedangkan responden dari guru pamong dan kepala sekolah berjumlah 14 orang. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada guru pamong, diperoleh nilai rata-rata 53,04 dengan kategori sangat setuju. Dan hasil angket yang diberikan kepada mahasiswa didapat nilai rata-rata 124,32 dengan kategori sangat setuju, serta untuk variable peranan pelatihan otomotif dalam menunjang kegiatan P4 diperoleh rata-rata nilai sebesar 123,93 dengan kategori sangat setuju. Dengan demikian, pelatihan otomotif memiliki peranan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan P4.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i2.5356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.