• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA KOMPETENSI MESIN KONVERSI ENERGI KELAS X SMK N 2 KAYU AGUNG | Nopriyanti | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA KOMPETENSI MESIN KONVERSI ENERGI KELAS X SMK N 2 KAYU AGUNG

    Nopriyanti Nopriyanti

    Abstract


    Penelitian ini berjudul upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada kompetensi mesin konversi energi kelas X SMKN 2 Kayuagung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi mesin konversi energi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan: perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Setiap satu siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X OTO 2 SMK Negeri 2 Kayuagung dapat ditingkatkan. Meningkatnya aktivitas belajar siswa terlihat dari peningkatan persentase dari setiap indikator yang diamati oleh observer. pada indikator pertama yaitu  keaktifan siswa dalam memperhatikan guru aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 41%, siklus kedua meningkat menjadi sebesar 51% dan pada siklus ketiga meningkat lagi menjadi 67 %. Pada indikator kedua yaitu keaktifan siswa dalam diskusi aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 50%, pada siklus kedua meningkat menjadi 61% dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 66%. Dengan adanya peningkatan aktifitas siswa, hasil belajar siswa juga ikut meningkat setelah diberi tindakan. Persentase ketuntasan belajar siswa dimulai  dari siklus pertama sebesar 62,16 %  dengan rata-rata nilai 73,30, pada siklus kedua sebesar 76,92 % dengan rata-rata nilai 77,97 dan pada siklus ketiga sebesar 89,74 %  dengan rata-rata nilai sebesar 80,62. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads  Together  (NHT).


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i2.5363

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.