HUBUNGAN ANTARA RANAH AFEKTIF SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGELASAN DI SMK N 1 INDRALAYA UTARA TAHUN 2013
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase ketelitian, kejujuran, kerjasama, kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengelasan dan juga untuk mengetahui hubungan antara Ranah Afektif Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sistem Pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan inferensial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK N 1 Indralaya Utara sedangkan untuk sampelnya adalah kelas X TKR 3 dengan penentuan sampel menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data berupa angket dan observasi. Dari analisis data diperoleh Persentase ranah afektif siswa sebesar 73.12 % dan dikategorikan cukup baik. Data ini diperoleh berdasarkan indikator sikap siswa yaitu ketelitian siswa sebesar 78.13 %, kejujuran siswa sebesar 72.5 %, kerjasama siswa sebesar 67.57 %, kedisiplinan siswa sebesar 79.44 %, dan tanggung jawab sebesar 68 % terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sistem pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji t untuk melihat ada tidaknya hubungan antara ranah afektif siswa dengan hasil belajar. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa thitung =2.14 dan ttabel =2.03. dengan demikian thitung > ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara ranah afektif siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sistem pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013.
Kata – katakunci: persentase, hubungan, ranah afektif, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v1i2.5425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.