PENGARUH E-LEARNINGBERBASIS MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BADAN KENDARAANPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar Konstruksi Badan Kendaraan Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNSRI. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa pendidikan teknik mesin angkatan 2011. Jumlah populasi yang akan diteliti sebanyak 40 mahasiswadengan rincian 30 mahasiswa kampus Indralaya dan 10 mahasiswa kampus Palembang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel dengan cara sampling jenuh, hal ini sering dilakukan bila jumlah populasi relatif kecil. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol peneliti menggunakan teknik purposive, sehingga didapat mahasiswa kampus Indralaya sebagai kelas eksperimen dan mahasiswa kampus Palembang sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa hasil belajar mahasiswa. Dari hasil uji hipotesisdidapat thitung = 8,88 dan ttabel= 2,025 dengan dk = 38 dan taraf signifikansi 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa thitung>ttabel yaitu 8,88 > 2,025 dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar Konstruksi Badan Kendaraan antara pembelajaran e-learning berbasis moodle dengan pembelajaran langsung.
Kata-kata kunci: e-learningberbasis moodle, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v1i2.5429
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.