PERBEDAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG

Fredy Novriansyah, Harlin Harlin, Imam Syofii

Abstract


Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan model Problem Based Instruction dengan Pembelajaran Langsung terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKKR kelas XI di SMKN 2 Palembang dengan instrumen berupa butir soal untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI Ind A 19 siswa dan kelas Ind B 20 siswa Variabel penelitian adalah kelas XI Model PBI dan XI model pembelajaran langsung.. menggunakan Teknik analisis Data berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas experimen1 sebesar 84,42 sedangkan rata-rata kelas eksperimen2  79,45. Dapat disimpulkan rata-rata kelas experimen1 yaitu kelas yang diberikan model PBI lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen2 dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan analisa data tersebut diperoleh nilai thitung = 2,045, sedangkan nilai ttabel = ttabel = 1,687094. Ini menunjukan bahwa thitung > ttabel  atau 2,045 >1,687094. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada perbedaan 2 model pada Mata pelajaran PKKR di SMKN 2 Palembang. Dengan demikian hipotesis alternative (ha) “Terdapat perbedaan yang signifikan dari penerapan model PBI terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMKN 2 Palembang” diterima.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program of Mechanical Engineering Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia

P ISSN : 2355-7389

E ISSN : 2656-5153 

Indexed in:

  

Recomended Tools:

 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.