• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PERBEDAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG | Novriansyah | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PERBEDAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG

    Fredy Novriansyah, Harlin Harlin, Imam Syofii

    Abstract


    Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan model Problem Based Instruction dengan Pembelajaran Langsung terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKKR kelas XI di SMKN 2 Palembang dengan instrumen berupa butir soal untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI Ind A 19 siswa dan kelas Ind B 20 siswa Variabel penelitian adalah kelas XI Model PBI dan XI model pembelajaran langsung.. menggunakan Teknik analisis Data berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas experimen1 sebesar 84,42 sedangkan rata-rata kelas eksperimen2  79,45. Dapat disimpulkan rata-rata kelas experimen1 yaitu kelas yang diberikan model PBI lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen2 dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan analisa data tersebut diperoleh nilai thitung = 2,045, sedangkan nilai ttabel = ttabel = 1,687094. Ini menunjukan bahwa thitung > ttabel  atau 2,045 >1,687094. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada perbedaan 2 model pada Mata pelajaran PKKR di SMKN 2 Palembang. Dengan demikian hipotesis alternative (ha) “Terdapat perbedaan yang signifikan dari penerapan model PBI terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMKN 2 Palembang” diterima.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v5i2.6687

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.