PENGARUH MODEL NHT MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PDO DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG

Herulisman Herulisman, Darlius Darlius, Imam Syofii

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengertahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menggunakan media konkret terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan subjek penelitian kelas eksperimen sebanyak 17 orang kelas X TKRO 3 grup A dan kelas X TKRO 4  grup A dengan jumlah 16 siswa  sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan lembar observasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. dari hasil analisis data diperoleh nilai ttabel sebesar 2,03951, sedangkan nilai thitung sebesar 2,45. Hal ini menunjukkan bahwa ttabel = 2,03951 < thitung = 2,45, dan Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa rata – rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen 82,353% > 67.969% kelas kontrol . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) menggunakan media konkret terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 2 Palembang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program of Mechanical Engineering Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia

P ISSN : 2355-7389

E ISSN : 2656-5153 

Indexed in:

  

Recomended Tools:

 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.