PENGARUH MODEL NHT MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PDO DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengertahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menggunakan media konkret terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan subjek penelitian kelas eksperimen sebanyak 17 orang kelas X TKRO 3 grup A dan kelas X TKRO 4 grup A dengan jumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan lembar observasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. dari hasil analisis data diperoleh nilai ttabel sebesar 2,03951, sedangkan nilai thitung sebesar 2,45. Hal ini menunjukkan bahwa ttabel = 2,03951 < thitung = 2,45, dan Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa rata – rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen 82,353% > 67.969% kelas kontrol . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) menggunakan media konkret terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 2 Palembang
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v5i2.6688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.