IMPLEMENTASI KETERAMPILAN SOFT SKILLS DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keterampilan soft skills siswa dalam pembelajaran praktik pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan pertimbangan keterampilan soft skills siswa yang beragam dan seimbang antara yang kurang, sedang, dan tinggi dengan jumlah 28 orang siswa. Penelitian dilaksankan sebanyak 2 kali dengan alat instrumen berupa lembar observasi yang terdiri dari 5 indikator. Nilai setiap penelitian dijumlahkan dibagi 5 sehingga di dapat nilai rata-rata sebesar 85,35. Sehingga disimpulkan bahwa implementasi keterampilan soft skills siswa kelas XII TSM 3 di SMK N 2 Palembang tergolong sangat baik. Hal ini terbukti dari hasil analisis lembar observasi yang menunjukkan 19 siswa (68%) berada dalam kategori sangat baik dan 9 siswa (32%) termasuk dalam kategori baik. Adapun indikator yang paling dominan muncul yaitu kerjasama dalam tim. Sedangkan indikator yang tidak dominan muncul yaitu kepemimpinan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v5i2.6689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.