PENGARUH VARIASI JENIS OLI SAMPING (OIL MIXTURE) TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MOTOR 2 TAK
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui seberapa besar pengaruh variasi jenis oli samping (oil mixture) terhadap emisi gas buang (CO), (CO2) dan (HC). Penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika, Serasan Jaya, Sekayu. Alat yang digunakan gas analizer. Hasil penelitian di deskripsikan melalui tabel dan diagram yang di buat menggunakan Ms Excle. Jenis oli sangat berpengaruh akan sumbangsi emisi CO, CO2 dan HC pada rpm tertentu. CO meningkat kecuali di rpm 3000 pada Castrol turun menjadi 1,94% dan kadar CO tertinggi pada Shell 3,9% rpm 2500 dan kadar terendah 0,12% pada Shell rpm 1000. CO2 meningkat kecuali rpm 3000 pada Shell turun menjadi 1,9%, rpm 2500 pada Kawasaki Genuin 2T 1,3%, rpm 2500 pada Castrol 1,3%, rpm 3000 pada oli Castrol 0,6% dan CO tertinggi pada Shell 3,9% rpm 2500 dan kadar terendah 0,12% selain itu mengalami peningkatan kadar CO2 dikenaikan rpm. HC di kenaikan rpm kadar HC meningkat signifikan tanpa mengalami penurunan kadar HC. HC terendah di rpm 1000 Shell dengan sumbangsi 1281 ppm, HC tertinggi di Kawasaki Genuine 2T dengan rpm 3000 menyumbang HC 9999 ppm.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v5i2.6693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.