PENGARUH FASILITAS BENGKEL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 7 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas bengkel dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknik pemesinan bubut kelas XI bidang keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 7 Palembang. Variabel pada penelitian ini fasilitas bengkel (X1), motivasi belajar (X2) dan hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI TP 1 dan siswa kelas XI TP 2. Uji Persyaratan Analisis dalam penelitian ini berupa Uji Normalitas. Uji Hipotesis penelitian ini berupa Koefisien Korelasi, Multiple Korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hitungan rtabel yaitu 0,254 untuk n = 59 dengan taraf signifikan 5%, rhitung = 0,895. Dari hasil perhitungan olah data didapatkan rhitung>rtabelatau 0,895 > 0,254. Dapat disimpulkan bahwa fasilitas bengkel dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan demikian Ha3 yang berbunyi “fasilitas bengkel dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknik pemesinan bubut pada siswa kelas XI di SMK Negeri 7 Palembang” diterima.
Kata Kunci: Fasilitas Bengkel, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v6i1.6966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.