• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENERAPAN PEMBELAJARAN MEDIA MINIATUR EXAVATOR PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 1 INDRALAYA UTARA. | maryati | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MEDIA MINIATUR EXAVATOR PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 1 INDRALAYA UTARA.

    maryati maryati, harlin harlin, darlius darlius

    Abstract


    Penelitian ini berjudul penerapan pembelajaran berbasis media miniatur excavator pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di SMK N 1 Indralaya Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kompetensi workshop equidment. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan: implementasi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap satu siklus terdiri dari satu kali pertemuan tatap muka dengan siswa. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media miniatur excavator, minat dan hasil belajar siswa kelas X TKR 1 SMK N 1 Indralaya Utara dapat ditingkatkan. Meningkatkan minat belajar siswa terlihat dari peningkatan persentase dari setiap indicator aktivitas siswa dan penyebaran angket minat. Pada tindakan pertama aktivitas siklus I sebesar 61, 93%, siklus II meningkat sebesar 69,81%, dan pada siklus III meningkat menjadi 80,01%, dengan meningkatnya aktivitas terdapat pula peningkatan minat siklus I sebesar 63,13%, siklus II meningkat sebesar 74,49%, dan siklus III meningkat sebesar 80%. Dengan adanya peningkatan aktifitas dan minat, hasil belajar juga ikut meningkatkan setelah diberi tindakan. Persentase ketuntasan belajat siswa pada siklus I sebesar 75,67%, siklus II meningkat sebesar 86,56%, dan meningkat pada siklus III sebesar 89% dengan rata-rata nilai 81,08. Penelitian ini menunjukan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media alat peraga miniatur excavator.



    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v4i2.7174

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.