• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATAKULIAH SISTEM AC DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN | burhan | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATAKULIAH SISTEM AC DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

    ahmad burhan, m. amri, dendy adanta

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e book interaktif pada matakuliah sistem AC yang valid dan praktis. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin kampus Indralaya tahun angkatan 2013. E book interaktif sistem AC dikembangkan melalui tiga tahapan berdasarkan model pengembangan Rowntree, yaitu : perencanaan, persiapan dan pengembangan. E book interaktif sistem AC ini dikembangkan untuk media pembelajaran agar mahasiswa dapat membangun pengetahuannya secara mandiri. Setelah dilakukan pengembangan dilakukan tahapan evaluasi Tessmer, yaitu : evaluasi ahli, evaluasi orang per orang (one to one), evaluasi kelompok kecil (small group), uji coba lapangan (field test). Hasil uji validitas, kevalitan dari e book interaktif sistem AC termasuk dalam kategori valid, sedangkan untuk persentase rata-rata kepraktisan dari evaluasi kelompok kecil dan uji coba lapangan adalah 80,5% dengan kategori praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e book interaktif pada matakuliah sistem AC di program studi Pendidikan Teknik Mesin valid dan praktis.



    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v2i1.7204

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.