PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODUL PADA MATA KULIAH KINEMATIKA DAN DINAMIKA TEKNIK
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengembangkan modul pada mata kuliah kinematika dan dinamika teknik di program studi pendidikan teknik mesin FKIP Universitas Sriwijaya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan model penelitian Rountree dengan 3 tahapan yaitu, tahapan perencanaan yaitu analissi kebutuhan, tahapan pengambangan yaitu mengumpulkan informasi dan desain produk, dan tahapan evaluasi, untuk tahapan evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tesmerr dengan 4 tahapan yaitu tahapan Validasi (expert review ) validasi ahli materi dengan hasil yang didapatkan sebesar 75,2% dengan kategori valid dan ahli desain sebesar 79,1 %,dengan kategori valid, uji coba kelompok kecil (one-to-one) dengan hasil 83 % dengan kategori sangat praktis, uji coba kelompok kecil (small group) dengan hasil 83,25% dengan kategori sangat praktis, dan uji coba lapangan (Field Test) dengan hasil 86% dengan kategori sangat praktis. Sehingga perangkat pembelajaran petunjuk praktikum yang di kembangkan ini valid dan praktis untuk digunakan.
Kata-kata kunci: Penelitian pengembangan, model pengembangan Rowntree. modul valid dan praktis, kinematika dan dinamika teknik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v7i1.7577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.