PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PADA MATA KULIAH CNC DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Mata Kuliah CNC di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Modul pada mata kuliah CNC yang dihasilkan telah valid dan praktis. Kevalidan Modul dilihat dari validasi desain dan validasi materi Modul. Persentase yang didapatkan dalam validasi materi ini sebesar 83,07 % masuk ke katagori sangat valid dan dari validasi media persentase yang di dapatkan sebesar 75% yang termasuk dalam katagori valid untuk kandungan isi materi. Berdasrkan tahapan validasi tersebut dapat disimpulkan Modul pada mata kuliah CNC yang dihasilkan sudah valid. Dari segi kepraktisan Modul dilihat melalui angket pada tahap Uji coba lapangan awal. Pada tahap uji coba lapangan awal diperoleh persentase skor angket sebesar 82,34%, persentase ini berada dalam rentang 81%-100% yang termasuk dalam kategori sangat baik/sangat praktis, sehingga dapat disimpulkan Modul CNC dasar ini tergolong praktis.
Kata Kunci :Modul, CNC, Valid, Praktis
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniawan, E. D. (2015). Permasalahan SMK Yang Baru Didirikan Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri, November, 80–87.
Kurniawan, E. D., Nopriyanti, N., & Syofii, I. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Matakuliah CAD/CAM. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(2).
Kurniawan, E. D., Nopriyanti, & Sucipto, S. D. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Video Tutorial Pada Matakuliah CAD/Cam Materi Gambar 3D. Majalah Ilmiah Sriwijaya, XXX(17).
Munawaroh. 2013. Panduhan Memahami Motodelogi Penelitian. Jakarta: Intimedia.
Nopriyanti. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3d Pageflip Professional Mata Kuliah Gambar Teknik Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(April), 64–75.
Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thobroni & Mustofa. 2013. Belajar & Pembelajaran (Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelejaran dalam Pembenagunan Nasional). Jakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Pastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar tematik. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.8689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.