PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PAPAN PASAK UNTUK MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B

Yulia Respita, Hasmalena Lena, Rukiyah Rukiyah

Abstract


ABSTRAK

Pengembangan alat permainan papan pasak bertujuan untuk dapat membantu anak mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok B di taman kanak-kanak. Pengembangan alat permainan papan pasakuntuk mengenal lambang bilangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree ( planning, depelopment, dan evaluation). Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif Tessmer dengan empat tahap, yaitu  self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough, dan observasi. Hasil nilai yang diperoleh dari penilaian validator materi adalah 94 dengan kategori sangat valid, validator desain sebesar 83 dengan kategori sangat valid. Dengan demikian produk memiliki validitas sebesar 89 dengan kategori sangat valid. Skor kepraktisan pada tahap one-to-one evaluation sebesar 84 dengan kategori sangat praktis dan tahap small group evaluation sebesar 91 dengan kategori sangat praktis, karena sudah sesuai dengan penilaian observasi yaitu menyebutkan lambang bilangan 1-10, menggunakan lambang bilangan untuk menghitung, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, memahami aturan dalam permainan, alat permainan menyenangkan bagi anak, alat permainan menarik bagi anak, mudah digunakan anak. Maka dapat disimpulkan bahwa alat permainan papan pasak dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai alat permainan untuk mengenallambang bilangan pada anak kelompok B di taman kanak-kanak.

Kata kunci : Pengembangan alat permainan, papan pasak, mengenal lambang bilangan

ABSTRACT

The development of peg board tools aims to help children recognize the symbols of numbers 1-10 in group B children in kindergartens. The development of peg board tools to recognize the symbol of numbers is done using the Rowntree development model (planning, depelopment, and evaluation). At the evaluation stage Tessmer's formative evaluation is carried out with four stages, namely self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, and small group evaluation. Data collection techniques using walkthroughs, and observations. The results obtained from the assessment of the material validator are 94 with a very valid category, a design validator of 83 with a very valid category. Thus the product has a validity of 89 with a very valid category. The practicality score at the one-to-one evaluation stage is 84 with a very practical category and the small group evaluation stage is 91 with a very practical category, because it is in accordance with the observation assessment which mentions the 1-10 symbol numbers, using symbol symbols to count, match numbers with the symbol of numbers, understanding the rules in the game, fun game tools for children, interesting game tools for children, easy to use for children. It can be concluded that the board game tool was declared valid and practical to be used as a game tool to recognize numbers in group B children in kindergarten.

Keywords: Development of game tools, peg board, recognize symbol of numbers


References


E. Media, J. Kejutan, L. Bilangan, B.Anak, and N. Padang, “E-JUPEKhu,” vol. 5, pp. 62–77, 2016.

Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

H. Hasanah, “Teknik-teknik observasi,” pp. 21–46.

H. Ihsan and U. P. Indonesia, “VALIDITAS ISI ALAT UUKUR PENELITIAN : KONSEP DAN PANDUAN PENILAIANNYA,” pp. 173–179, 1995.

L. Biasa and F. I. Pendidikan, “E-JUPEKhu E-JUPEKhu,” vol. 5, pp. 14–23, 2016.

M. Kemampuan, M. Lambang, and W. Rianti, “Jurnal paud tambusai,” vol. 2, pp. 36–42, 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014, Tentang Kurikulum2013 Pendidikan Anak Usia Dini

S. M. Pertama, “Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sjahyakirti Palembang 2),” vol. 4, no. 2, pp. 9–21, 2015.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Yulhendri, & Syofyan, R. (2016). Pendidikan Ekonomi. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.11760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter