PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN ADMINISTRASI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SE-KECAMATAN SUKARAMI PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen administrasi pada pendidikan anak usia dini se-kecamatan sukarami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu aktivitas analisis data dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan sampai datanya jenuh dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran administrator belum dijalankan oleh para kepala PAUD di Kecamatan Sukarami; (2) Peningkatan kemampuan bidang manajerial yang dilakukan kepala PAUD se-Kecamatan Sukarami, Palembang dilakukan masih sebatas pada mengikuti pelatihan; (3) kepala sekolah PAUD di Kecamatan Sukarami berdasarkan hasil penelitian belum melaksanakan fungsi kepemimpinanya dengan melihat adanya pendelegasian tugas secara terstruktur kepada bawahannya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Apriani R., Indarso W., dan Hukmi 2017. Peranan Kepala Sekolah PAUD sebagai Manajer di Lingkungan UPTD Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal online mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan vol 4 no 2.
Gie, LT. (1991). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Gudnanto dan Raharjo, S. (2011). Pemahaman Individu dan Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Interprise
Hastuti dan Winkel. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Librianty, Nani. Studi tentang Peran Kepemimpinan Kepala. (2019). Jurnal on early Childhood Vol 2 no 1
Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Robins, S. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sumiati. (2017). Kepemimpinan Kepala PAUD Islam Terpadu Al Ghazali Modern Shool Palangkaraya. Tesis digilib.iain_palangkaraya.ac.id
Suprayogo, Imam. (2010). Pemimpin Transformasional di Lembaga Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Terry, G. (2006). Dasar-Dasar Manajemen . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi Kasus). Yogyakarta: Anoli.
Yukl, G. (2010). Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: PT Indeks
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.12773
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785