PENERAPAN APE BALOK UNTUK MENGENALKAN BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT KOTA PADANG

Yessi Rifmasari, Tesya Cahyani Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode guru dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam penerapan APE balok untuk mengenalkan bentuk geometri kepada anak usia 4-5 tahun di TKIT Adzkia Plus Padang.  Berdasarkan indikator 61% anak belum berkembang dalam mengenal benda dengan mengelompokkan berbagai benda di lingkungannya dan 53% belum berkembang dalam mengenal konsepbesar-kecil. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang dilakukan oleh guru dalam penerapan APE balok untuk mengenalkan bentuk geometri kepada anak usia 4-5 tahun di TKIT Adzkia Plus Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan apa yang ada sesuai dengan data dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan APE balok untuk mengenalkan bentuk geometri secara keseluruhan fakta yang peneliti temukan di lapangan serta hasil wawancara dengan ahli 50%  (baru sebagian) diterapkan sesuai dengan teori yang ada, sehingga berdampak pada hasil belajar anak didik yaitu sebesar 50% anak belum mampu mengelompokkan struktur geometri pada tempatnya.


Keywords


APE Beams, Introducing geometric shapes

References


Kamtini, dan Tanjung, Husni Wardi. 2005. Bermain Melalui Gerak dan Lagu di. Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mahyastuti ,Wulan. 2013. Belajar Geometri Dari Lingkungan Sekitar. Jakarta Timur: CV. Rama Edukasitama.

Meleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa. 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakimahwati. 2012. Model Pembelajaran Sambil Bermain pada Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitiann Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta, Cv.

Syaodih, Ernawulan. 2005. Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Pendidikan Nasional.

Tedjasaputra, Mayke S. 2003. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Zaman, Badru. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winayati,IZ., Astuti, Indri.,Yuniarni (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Geometri Melalui Alat Permainan Edukatif Balok Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol 4 no.9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1137




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.12950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter