• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • STIMULASI KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI TALEMPONG PACIK | Yulsyofriend | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    STIMULASI KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI TALEMPONG PACIK

    Yulsyofriend Yulsyofriend, Vivi Anggraini

    Abstract


    Anak usia dini adalah sosok individu mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Pengamatan di lapangan yang terjadi di Taman Kanak-kanak Nurul Hidayah Kota Bukittinggi, terlihat kecerdasan interpersonal anak masih rendah. memperlihatkan bahwa: 1) 75% anak belum mampu bermain dengan teman sebaya, hal ini terlihat ketika di sentra-sentra kegiatan mereka  sibuk bermain sendiri, 2) 84 % anak belum mampu berbagidengan orang lain, hal ini terlihat ketika anak tidak mau berbagi mainannya, 3) 76 % anak belum mampu bersikap kooperatif dengan teman, hal ini terlihat ketika kegiatan berkelompok, anak ingin bekerja sendiri tanpa mau dibantu oleh teman, 4) 78% anak belum mampu mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada seperti (marah, sedih, gembira,dll) degan tepat sesuai dengan ekspresi. Akibat yang dirasakan ketika kecerdasan interpersonal anak tidak berkembang adalah lahirnya individu yang individual dan tidak mampu berinteraksi serta bersosialisasi dengan lingkungan. Tujuan Penelitian ini untuk melihat efektivitas talempong pacik terhadap kecerdasa interpersonal. Metode penelitian yaitu penelitian eksperimen.  Salah satu alternatifnya penggunaan talempong pacik yang dapat membantu system bermain sambil belajar untuk stimulus kecerdasan interpersonal. Hasil penelitian ini kecerdasan interpersonal anak yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh angka rata-rata kelas eksperimen yaitu 89,3. Angka rata-rata kelas kontrol yaitu 80,15.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa thitung sebesar 4,78 dibandingkan dengan ? 0,05 (ttabel, = 2,024) dengan derajat kebebasan dk (N1-1)+(N2-1)=38. Dengan demikian thitung >ttabel, yaitu 4,78> 2,024, maka dapat dikatakan bahwa hipotesis H1 diterima atau H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil analisis  anak di kelas eksperimen yang menggunakan talempong pacik dengan kelas kontrol yang menggunakan alat music perkusi.


    Keywords


    Pengembangan,. Kecerdasan Interpersonal,. Talempong Pacik,.

    References


    Behjat, Fatemeh. 2012. Interpersonal and intrapersonal intelligences:Do they really work in foreign- language learning?.Procedia - Social and Behavioral Sciences 32 (2012) 351 – 355.

    Darlenis, Teti . 2006. Mengenal Musik Tradisional Talempong Pacik Di Minangkabau. Volume 6 No 2 Bulan Nopember 2006

    Dewi, Kania, dkk. 2018. Improved Interpersonal Intelligence Model Students Through Cooperative Learning. International Journal Pedagogy Of Social Studies. Vol 2 Tahun 2018 (67-71).

    Ikhsan, Yaumil Dkk. 2018. Efektivitas Tradisional Talempong Pacik Terhadap Peningkatan Disiplin, Toleransi, Dan Kerjasama Siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Volume 5, No 1, March 2018 (57-66).

    Khadijah. 2016. Interpersonal Intelligence of Students Through Thematic Learning in Raudhatul Athfal (RA) Zulhijjah Medan. IOSR Journal of Research & Method in Education. Volume 6, Issue 5 Ver. IV (Sep. - Oct. 2016), ( 37-44).

    MK, Asri. 2017. Dampak Pembelajaran Teknik Permainan Talempong Pacik Dan Talempong Unggan Terhadap Peningkatan Musik Musikalitas Mahasiswa. Vol 1 No. 2 September 2017.

    Novela, Tia. 2020. Efektifitas Penggunaan Talempong pacik terhadap kecerdasan musikal di Taman kanak-kanak Nurul Hidayah Bukitinggi, Vol 4 no 1(2020)

    O'Brien, Patrick and Burnett, Paul.2000. Counselling children using a multiple intelligences framework. British Journal of Guidance and Counselling, 28 (3). pp. 353-371.

    Putri, Nadya. 2012. Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Volume 1 No 2 Mei 2012.

    Safitri , Nurlinda. 2019. Correlation Relationships Between Perception Of Interpersonal Intelligence With Affective Students In Curriculum Development In Elementary Teacher Education Study Program Of Pakuan University. Journal Of Humanities And Social Studies Volume 03, Number 01, March 2019, Page 01-04.

    Yeni , Indra. 2010. Perkembangan Intrumentasi Dan Lagu Talempong Kreasi Di Sumatra Barat. Jurnal Bahasa Dan Seni Vol 11 No. 2 Tahun 2010 (81-8)




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.13042

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter