• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) TERHADAP KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK HANDAYANI PALEMBANG | Pratiwi | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) TERHADAP KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK HANDAYANI PALEMBANG

    Dian Pratiwi, Bukman Lian, Ramadona Noverina

    Abstract


    Penelitian ini didasarkan pada permasalahan dilapangan dimana anak kelompok B1 TK Handayani Palembang kognitif masih rendah,  tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran beyond center and circle time (BCCT) terhadap kognitif pada anak kelompok B di TK Handayani Palembang Tahun 2020. Metode Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di lapangan dimana anak kelompok B1 TK Handayani Palembang kognitif masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran beyond center and circle time (BCCT) terhadap kognitif pada anak kelompok B di TK Handayani Palembang Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan yang didapat untuk post-test, uji normalitas data yang diperoleh adalah -0,397 dan pre-test diperoleh -0,0035. Nilai tersebut terletak antara (-1) dan (1) sehingga dapat dikatakan bahwa data kedua kelas tersebut terdistribusi normal. Kemudian hasil perhitungan uji normalitas data untuk Fhitung ? Ftabel atau 1,071 ? 4,67, maka varians-varians dinyatakan homogen. Selanjutnya satelah pengujian normalitas data dan homogenitas data dilakukan dinyatakan data tersebut terdisribusi normal dan varians dalam peneltian tersebut homogen, maka tahapan berikutnya Regrasi diperoleh ? = a + bX diperoleh nilai post-test adalah 61,59 dan nilai pre-test 61,58. Hasil hipotesis menunjukkan ada pengaruh dari model pembelajaran beyond center and circle time (BCCT) terhadap kognitif pada anak kelompok B di TK Handayani Palembang dengan hasil uji-t diperoleh thitung  4,090 > ttabel  2,131 berarti tolak Ho dan terima Ha diterima dengan hubungan sangat baik.

    Keywords


    Model Pembelajaran Beyond Center And Circle Time (BCCT), Kognitif.

    References


    Ardiana, dkk. 2020. Penerapan Pendekatan BCCT di KB_TK. Volume 5 2020. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

    Armibi, dkk. 2018. Meningkatkan Perkembangan Melalui Kegiatan Mind Mapping. Volume 3 Nomor 2 2018. Jurnal Ilmiah Potensi.

    Furi, A. Z., Harmawati, Denok, M., & B.A. 2019. Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B. Http://E-Journal.Ivet.Ac.Id/Index.Php/Emp/Index, 1(2), 7–19.

    Hayati, Miratul. 2019. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

    Hamzah, Nur. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran BCCT Bagi Anak Usia Dini; Study Pelaksanaan BCCT. Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam. Volume 10 Nomor 2, 2016. http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/atturals.

    Karim, dkk. 2014. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PGPAUD Trunojoyo. Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014. http//ejournal.trunojoyo.ac.id.

    Rahman Habibu. 2019. Model-Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

    Sasongko, R. N., Kristiawan, M., & Susanto, E. 2021. Increase Creativity And Imagination Children Through Learning Science , Technologic , Engineering , Art And Mathematic With Loose Parts Media Meningkatkan Kreativitas Dan Imajinasi Anak Melalui Pembelajaran Science , Technologic , Engineering , Art And Mathematic ( STEAM ) Dengan Media Loose Parts. 4(1), 77–90. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp

    Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. jakarta: Kencana.

    Suardi, Moh Syofrianisda. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Parama Ilmu.

    Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Gruop.

    Sujiono, Yuliani Nurani. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

    Suryana, Dadang. 2018. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.13553

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter