VIDEO KEGIATAN ROTE COUNTING DAN RATIONAL COUNTING UNTUK MENSTIMULASI BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA (4-5) TAHUN

Rizky Nurul Fathonah, Syafdaningsih Syafar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video kegiatan rote counting dan rational counting untuk menstimulasi berhitung permulaan yang teruji validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer dengan tahapan analisis kebutuhan, desain produk, dan evaluasi yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berusia (4-5) tahun yang berjumlah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan walkthrough, dan observasi. Setelah pengumpulan data, kemudian data dianalisis dengan cara mencari presentase untuk melihat kevalidan dan kepraktisannya. Valid diukur dari hasil expert review produk, sedangkan praktis dilihat dari hasil tahap one to one evaluation dan small group evaluation yang dikerjakan oleh anak. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa validitas materi sebesar 82% dan validitas media sebesar 82%, diperoleh rata-rata validitas produk sebesar 82% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Tahap one to one evaluation melibatkan tiga orang anak dengan hasil 90% dan tahap small group evaluation melibatkan sembilan orang anak dengan hasil 86% dari keduanya diperoleh rata-rata sebesar 88% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian Pengembangan Video Kegiatan Rote Counting dan Rational Counting dinyatakan valid dan praktis serta dapat digunakan untuk menstimulasi berhitung permulaan pada anak usia (4-5) tahun. Kekurangan dari penelitian ini yaitu kurangnya penambahan instrumen observasi untuk orang tua, hal ini karenakan keterbatasan waktu peneliti dalam melakukan penelitian.


Keywords


Pengembangan Video, Rote Counting dan Rational Counting, Anak Usia (4-5) Tahun

References


Alfiriani, A., & Hutabri, E. (2017). Kepraktisan dan Keefektisan Modul Pembelajaran Bilingual Berbasis Komputer. Jurnal Kependidikan , 1 (1), 12-23.

Ayudia. (2017). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Laporan Hasil Observasi. Jurnal Penelitian Bahasa, 4(1), 36.

Cahyati. (2018). Pengembangan Media Interaktif Dengan Pengenalan Kata Bermakna Pada Anak. Cakrawala Dini Jurnal PAUD, 9 (2), 160-170.

Charlesworth, R. (2005). Experience in Math for Young Children Unit. 6. USA: Thomson Delmar Learning.

Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasanah, P. M., Aristiana, B. M., & Rahayu, P. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Berhitung Permulaan pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini , 7 (1), 116-129.

Lee, J., & Md-Yunus, S. (2015). Investigating Children's Abilities to Count and Make Quantitative Comparisons. Faculty Research and Creative Activity , 42.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. (2014). Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Permadi, H. (2018). Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Pratiwi, I. (2018). Pengembangan Alat Bermain Magnetik Maze untuk Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 9 (2), 138-147.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafi'I, I., & dkk. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini , 3 (2), 140-160.

Yuliani, D., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini , 5 (1), 96-105




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i2.14630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter