IDENTIFIKASI CERITA ORANG TUA PADA ANAK USIA 4- 5 TAHUN di DESA TANJUNG BULAN KECAMATAN PULAU BERINGIN
Abstract
Cerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran kepada anak usia dini. Pada saat sebelum masuknya teknologi berupa digital seperti saat ini, orang tua sering memberikan cerita kepada anak dengan teknik cerita secara langsung dan biasanya bercerita tentang kisah legenda dan dongengdaerah setempat. Di Desa Tanjung Bulan Kecamatan Pulau Beringin juga terdapat berbagai macam cerita rakyat yang diceritakan turun temurun. Pada kenyataannya untuk kondisi saat ini diera digital seperti sekarang ini, orang tua dan anak di Desa Tanjung Bulan Kecamatan Pulau Beringin sudah mengenal bahkan menggunakan alat komunikasi yang dapat menjangkau informasi yang lebih luas. Cerita sudah dapat disampaikan dalam berbagai macam teknik dan berbagai jenis cerita yang dapat disampaikan oleh orang tua kepada anak, sehingga memungkinkan penyampaian teknik dan jenis cerita dapat berubah dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi cerita orang tua kepada anak usia 4- 5 tahun di Desa Tanjung Bulan Kecamatan Pulau Beringin yang memuat teknik dan jenis cerita yang digunakan orang tua dalam bercerita kepada anak usia 4- 5 tahun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek pada penelitian yaitu tiga orang tua di Desa Tanjung Bulan yang menggunakan metode cerita dalam memberikan pembelajaran kepada anaknya. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa teknik yang digunakan orang tua kepada anak ketika memberikan cerita adalah membaca langsung dari buku cerita, bercerita secara langsung, dramatisasi suatu cerita, bercerita melalui film dan bercerita sambil memainkan jari- jari tangan. Kemudian jenis cerita yang digunakanorang tua ketika bercerita kepada anak yaitu dongeng, lelucon atau anekdot, mitos, legenda, fabel dan hikayat
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kertamuda, M,A . 2015. Strategi Sukses Membentuk Karakter Emas Pada Anak Sejak Usia Dini. Jakarta : Gramedia
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: Kencana
Susiyanti, Elisa. 2019. Panduan Cerman untuk Orang Tua si Anak Sehat. Yogyakarta : Laksana
Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Sastra anak pengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. (2014).
Murdoko, E, W. 2017. Parenting with leadership peran orang tua dalam mengoptimalkan dan memberdayakan potensi anak. Jakarta : gramedia
Agustina, F. W. (2018). Analisis Penerapan Metode Cerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Rejo Mulyo Jati Agung. Lampung : Universitas Islam Negeri Lampung
Wahab, I., & Amaliyah, N. (2019). Identifikasi Cerita Anak Berbasis Budaya Lokal Untuk Membudayakan Literasi Di Sd . Satya Widya.
Harahap, R. A. S.2019. Membangun Kecerdasan Anak Melalui Mendongeng. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Pendidikan Anak Usia Dini
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Cahyono, Tri. (2018). Statistika Terapan dan Indikator Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.
Widyawati, S., & Simatupang, N, D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini
Katoningsih, Sri. 2021. Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press
Amri, N, A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak- Kanak Raudathul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran.
Khairiyah, D. (2019). Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral Dan Agama Anak Usia Dini. Darul ‘Ilmi Vol. 07 No. 02
Nurjannah, A, P. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5- 6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia Vol. 5 (1)
Limarga, D, M. (2017). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Vol.3 No.1
Pebriana, P, H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Antasari, I, W. (2016). Dukungan Orang Tua dalam Membangun Literasi Anak. Jurnal Edulib Vol 6. No 2
Afriyanti, I. DKK. (2020) Pemanfaatan Media Cerita Rakyat Sebagai Upaya Membangun Kreativitas Anak. Jurnal Pedagogik vol 7. No. 2
Eliza, D. (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini
Juwairiah.(2017). Membentuk Karakter Anak Usia Dini Dengan Mengenalka Cerita Rakyat Dari Aceh
Puspitasari, Wiwik. (2019). Pintaar Bercerita.Surakarta : Oase Group
Hella, N. (2020). Analisis Pesan Moral Dalam Cerita Fabel Dan Peranannya Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Intelektiva:Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora
Binawati, N, Y,S.(2019). Peran Mitos Dalam Perkembangan Dunia Pendidikan. Sastra Bahasa dan Budaya
Juanda. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2 Issue 1
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i2.14815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785