PERMAINAN LINTAS BUDAYA MELALUI LAGU ANAK KAMBING DARI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR
Abstract
Anak usia dini adalah anak yang memiliki kegiatan belajar melalui permainan. Aneka permainan yang dilakukan oleh anak usia dini salah satu tujuannya adalah untuk melatih kreativitas anak dalam belajar.
Dengan bermain anak sedang belajar. Banyak cara bagaimana anak usia dini bisa belajar, salah satunya dengan permainan bernyanyi. Nyanyian lintas budaya “Anak Kambing” dari Provinsi Nusa Tenggara Timur
adalah salah satu contoh yang bisa dikenalkan kepada anak usia dini sebagai media permainan untuk kegiatan belajar sesuai dengan kurikulum 2013 pada standar kompetensi dasar (KD) 4.15 yaitu anak mampu menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan media. Media yang bisa dicontohkan dalam pembelajaran adalah melalui permainan nyanyian lintas budaya. Dengan media permainan nyanyian “Anak Kambing” bertujuan melatih kemampuan verbal anak dalam hal bahasa dan memperkenalkan anak dengan unsur budaya Indonesia berupa pantun yang memotivasi anak untuk selalu ceria karena dalam nyanyian “Anak Kambing” mengandung unsur pantun yang liriknya penuh semangat, sehingga membuat anak selalu ceria belajar melalui permainan nyanyian lintas budaya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka, bertujuan untuk menggali data dan mengungkap makna yang terkandung di dalamnya. Teknik analisis dengan mengumpulkan data,mereduksi data,menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak memiliki kecerdasan musical, memahami dan mencintai budaya Indonesia serta mendapatkan pengalaman belajar
yang menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ali, Matius. 2010. Seni Musik 2 untuk SMP dan MTS kelas VIII. Jakarta : Esis
Alwasilah, A. C., Suryadi, K., & Karyono, T. (2009). Etnopedagogi: Landasan praktek pendidikan
dan pendidikan guru. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di
Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Kidspedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-10.
https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i2.65
Direktorat PADU. (2002). Bahan Sosialisasi PADU. Jakarta : Depdiknas Direktorat PLP.
Indriantoro,N. dan B. Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen.
Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE : 63-68.
Jamalus. (1998). Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: P2LPTK. Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan.
Hadi, Y. S. (2012). Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi. Dwi-Quantum.
Masitoh dkk. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidkan
Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga
KependidiKan dan Ketenagaan Perguruan Tnggi.
Masitoh. 2008. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka Departemen Pendidikan
Nasional.
Maulida, M., 2020. Optimalisasi Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Lagu
Daerah "Ampar-Ampar Pisang". Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1),
pp.10-16. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.20133
Megawangi, R. dkk. (2005). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan : Penerapan Teori
Depelovmentally Appropriate Practice (DAP). Depok : Indonesian Heritage Foundation.
Mutmainah, S., & Sholihah, N. M. R. (2021). Pola Asuh Otoriter Yang di Terapkan Orang Tua
Kepada Anak Usia Dini Saat Pembelajaran Daring. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(02), 54-64. https://doi.org/10.36835/au.v2i1.297
Rahmi, V. N., & Cahyana, R. (2015). Pengembangan Aplikasi Bergerak untuk Memudahkan Muslim Melakukan
Evaluasi Ibadah Harian. Jurnal Algoritma, 12(2), 271-276.
https://doi.org/10.33364/algoritma/v.12-2.271
Rasyid father. (2010). Cerdas Anakmu Dengan Musik, Jogjakarta : Diva Press
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta
Sujiono, 2009. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Solehuddin. 2008. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan
Trinova, Z., 2012. Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim
Journal, 19 (3), pp. 209-215 https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i2.15147
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785