PERMAINAN LINTAS BUDAYA MELALUI LAGU ANAK KAMBING DARI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Neni Komalasari, Mubiar Agustin

Abstract


Anak usia dini adalah anak yang memiliki kegiatan belajar melalui permainan. Aneka permainan yang dilakukan oleh anak usia dini salah satu tujuannya adalah untuk melatih kreativitas anak dalam belajar.
Dengan bermain anak sedang belajar. Banyak cara bagaimana anak usia dini bisa belajar, salah satunya dengan permainan bernyanyi. Nyanyian lintas budaya “Anak Kambing” dari Provinsi Nusa Tenggara Timur
adalah salah satu contoh yang bisa dikenalkan kepada anak usia dini sebagai media permainan untuk kegiatan belajar sesuai dengan kurikulum 2013 pada standar kompetensi dasar (KD) 4.15 yaitu anak mampu menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan media. Media yang bisa dicontohkan dalam pembelajaran adalah melalui permainan nyanyian lintas budaya. Dengan media permainan nyanyian “Anak Kambing” bertujuan melatih kemampuan verbal anak dalam hal bahasa dan memperkenalkan anak dengan unsur budaya Indonesia berupa pantun yang memotivasi anak untuk selalu ceria karena dalam nyanyian “Anak Kambing” mengandung unsur pantun yang liriknya penuh semangat, sehingga membuat anak selalu ceria belajar melalui permainan nyanyian lintas budaya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka, bertujuan untuk menggali data dan mengungkap makna yang terkandung di dalamnya. Teknik analisis dengan mengumpulkan data,mereduksi data,menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak memiliki kecerdasan musical, memahami dan mencintai budaya Indonesia serta mendapatkan pengalaman belajar
yang menyenangkan.


Keywords


Nyanyian lintas budaya, kreativitas, bemain, anak usia dini

References


Ali, Matius. 2010. Seni Musik 2 untuk SMP dan MTS kelas VIII. Jakarta : Esis

Alwasilah, A. C., Suryadi, K., & Karyono, T. (2009). Etnopedagogi: Landasan praktek pendidikan

dan pendidikan guru. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di

Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Kidspedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-10.

https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i2.65

Direktorat PADU. (2002). Bahan Sosialisasi PADU. Jakarta : Depdiknas Direktorat PLP.

Indriantoro,N. dan B. Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen.

Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE : 63-68.

Jamalus. (1998). Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: P2LPTK. Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan.

Hadi, Y. S. (2012). Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi. Dwi-Quantum.

Masitoh dkk. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidkan

Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga

KependidiKan dan Ketenagaan Perguruan Tnggi.

Masitoh. 2008. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka Departemen Pendidikan

Nasional.

Maulida, M., 2020. Optimalisasi Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Lagu

Daerah "Ampar-Ampar Pisang". Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1),

pp.10-16. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.20133

Megawangi, R. dkk. (2005). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan : Penerapan Teori

Depelovmentally Appropriate Practice (DAP). Depok : Indonesian Heritage Foundation.

Mutmainah, S., & Sholihah, N. M. R. (2021). Pola Asuh Otoriter Yang di Terapkan Orang Tua

Kepada Anak Usia Dini Saat Pembelajaran Daring. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(02), 54-64. https://doi.org/10.36835/au.v2i1.297

Rahmi, V. N., & Cahyana, R. (2015). Pengembangan Aplikasi Bergerak untuk Memudahkan Muslim Melakukan

Evaluasi Ibadah Harian. Jurnal Algoritma, 12(2), 271-276.

https://doi.org/10.33364/algoritma/v.12-2.271

Rasyid father. (2010). Cerdas Anakmu Dengan Musik, Jogjakarta : Diva Press

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta

Sujiono, 2009. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Solehuddin. 2008. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan

Trinova, Z., 2012. Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim

Journal, 19 (3), pp. 209-215 https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i2.15147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter