• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PERMAINAN LINTAS BUDAYA MELALUI LAGU ANAK KAMBING DARI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR | Komalasari | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    PERMAINAN LINTAS BUDAYA MELALUI LAGU ANAK KAMBING DARI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

    Neni Komalasari, Mubiar Agustin

    Abstract


    Anak usia dini adalah anak yang memiliki kegiatan belajar melalui permainan. Aneka permainan yang dilakukan oleh anak usia dini salah satu tujuannya adalah untuk melatih kreativitas anak dalam belajar.
    Dengan bermain anak sedang belajar. Banyak cara bagaimana anak usia dini bisa belajar, salah satunya dengan permainan bernyanyi. Nyanyian lintas budaya “Anak Kambing” dari Provinsi Nusa Tenggara Timur
    adalah salah satu contoh yang bisa dikenalkan kepada anak usia dini sebagai media permainan untuk kegiatan belajar sesuai dengan kurikulum 2013 pada standar kompetensi dasar (KD) 4.15 yaitu anak mampu menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan media. Media yang bisa dicontohkan dalam pembelajaran adalah melalui permainan nyanyian lintas budaya. Dengan media permainan nyanyian “Anak Kambing” bertujuan melatih kemampuan verbal anak dalam hal bahasa dan memperkenalkan anak dengan unsur budaya Indonesia berupa pantun yang memotivasi anak untuk selalu ceria karena dalam nyanyian “Anak Kambing” mengandung unsur pantun yang liriknya penuh semangat, sehingga membuat anak selalu ceria belajar melalui permainan nyanyian lintas budaya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka, bertujuan untuk menggali data dan mengungkap makna yang terkandung di dalamnya. Teknik analisis dengan mengumpulkan data,mereduksi data,menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak memiliki kecerdasan musical, memahami dan mencintai budaya Indonesia serta mendapatkan pengalaman belajar
    yang menyenangkan.


    Keywords


    Nyanyian lintas budaya, kreativitas, bemain, anak usia dini

    References


    Ali, Matius. 2010. Seni Musik 2 untuk SMP dan MTS kelas VIII. Jakarta : Esis

    Alwasilah, A. C., Suryadi, K., & Karyono, T. (2009). Etnopedagogi: Landasan praktek pendidikan

    dan pendidikan guru. Bandung: Kiblat Buku Utama.

    Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di

    Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

    Kidspedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-10.

    https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i2.65

    Direktorat PADU. (2002). Bahan Sosialisasi PADU. Jakarta : Depdiknas Direktorat PLP.

    Indriantoro,N. dan B. Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen.

    Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE : 63-68.

    Jamalus. (1998). Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: P2LPTK. Departemen

    Pendidikan dan Kebudayaan.

    Hadi, Y. S. (2012). Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi. Dwi-Quantum.

    Masitoh dkk. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidkan

    Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga

    KependidiKan dan Ketenagaan Perguruan Tnggi.

    Masitoh. 2008. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka Departemen Pendidikan

    Nasional.

    Maulida, M., 2020. Optimalisasi Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Lagu

    Daerah "Ampar-Ampar Pisang". Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1),

    pp.10-16. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.20133

    Megawangi, R. dkk. (2005). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan : Penerapan Teori

    Depelovmentally Appropriate Practice (DAP). Depok : Indonesian Heritage Foundation.

    Mutmainah, S., & Sholihah, N. M. R. (2021). Pola Asuh Otoriter Yang di Terapkan Orang Tua

    Kepada Anak Usia Dini Saat Pembelajaran Daring. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan

    Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(02), 54-64. https://doi.org/10.36835/au.v2i1.297

    Rahmi, V. N., & Cahyana, R. (2015). Pengembangan Aplikasi Bergerak untuk Memudahkan Muslim Melakukan

    Evaluasi Ibadah Harian. Jurnal Algoritma, 12(2), 271-276.

    https://doi.org/10.33364/algoritma/v.12-2.271

    Rasyid father. (2010). Cerdas Anakmu Dengan Musik, Jogjakarta : Diva Press

    Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta

    Sujiono, 2009. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

    Solehuddin. 2008. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan

    Trinova, Z., 2012. Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim

    Journal, 19 (3), pp. 209-215 https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i2.15147

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter