PEMANFAATAN MEDIA ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PENILAIAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA LEMBAGA PAUD

Alimudin Alimudin, Nihwan Nihwan, Nur Aini Zaida

Abstract


Tujuan penulisan artike ini adalah untuk menyajikan media elektronik yang dapat digunakan untuk membantu pelaksanan proses penilaian pada kegiatan pembeljaran jarak jatuh. Metode yang diguankan adalah kulitatif dengan pendekatan kajian pustakaMelalui kegiatan penilaian pembelajaran orang tua memperoleh umpan balik mengenai perkembangan dan pertumbuhan anak selama melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh serta menjadi alat evaluasi bagi pendidik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Penilaian pembelajaran jarak jauh tidak sama dengan penilaian pembelajaran tatap muka. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat memanfaatkan media elektronik sebagai alat bantu yang memudahkan guru dalam pelaksanaan penilaian. Beberapa media elektronik yang bisa digunakan untuk melakukan penilaian adalah zoom meeting, whatsapp dan google form. Penggunaan media elektronik tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa bantuan orang tua murid. Karena pada dasarnya pelaksanaan pembelajaran jarak jatuh pada lembaga pendidikan anak usia dini harus didampingi oleh orang tua peserta didik. perlunya komunikasi guru dengan orang tua murid terjalin dengan baik agar penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak bisa berjalan dengan baik.


Keywords


Penilaian; Pembelajaran jarak Jauh; Media Elektronik.

References


Ardiawan, I. Ketut Ngurah, and I. Gede Teguh Heriawan. 2020. “Pentingnya Komunikasi Guru Dan Orang Tua Serta Strategi Pmp Dalam Mendukung Pembelajaran Daring.” Danapati: Jurnal Komunikasi 1(1):95–105.

Ariyanti, Ariyanti, Ervina Eka Subekti, and Ikha Listyarini. 2021. “Analisis Pandangan Siswa Kelas VI SD Negeri Purbo 03 Terhadap Pembelajaran Daring Via Zoom Meeting.” Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 15(1):73–80. doi: 10.26877/mpp.v15i1.8503.

Ariyanti, Tatik. 2016. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development.” Dinamika: Jurnal Pendidikan Dasar 8(1):50–58. doi: 10.30595/dinamika.v8i1.943.

Bagus Alit Arta Wiguna, Ida, and Luh Drajati Ekaningtyas Ni. 2021. “Strategi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Daring Di Rumah.” Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1).

Barokah, Mabid. 2019. “Manajemen Penilaian Sumatif Pada Ranah Kognitif Pembelajaran PAI Kelas X Semester Ganjil Di SMA Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/ 2018.” AL-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 9:21. doi: 10.24042/alidarah.v9i2.4859.

Dewi, Tya Ayu Pransiska, and Arief Sadjiarto. 2021. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 5(4):1909–17. doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1094.

Dhanny, Wiriensa Premadisa, Hisham Malik Abdul, and Herminastiti Rini. 2021. “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran.” Seminar NasionalPendidikan STKIP Kusuma Negara III.

Hajeni, Hajeni, Marhani Marhani, and Lulu Febrianti. 2022. “Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4):3242–52. doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2327.

Handayani, Iys Nur. 2021. “Implementasi Penilaian Autentik (Authentic Assessment) Dalam Kurikulum 2013 Di Paud Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta.” Waladuna : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):1–14.

Handayani, Oktarina Dwi. 2021. “Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1754–63. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.975.

Harahap, Saripah Anum, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. 2021. “Problematika Pembelajaran Daring Dan Luring Anak Usia Dini Bagi Guru Dan Orang Tua Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1825–36. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Hidayat, Wahyu, and Andriani Andriani. 2020. “Pelaksanaan Penilaian Aautentik Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 11(2):88–95. doi: 10.17509/cd.v11i2.24922.

Hoeriya, Yayah, Masykur H. Mansyur, and Slamet Sholeh. 2021. “Studi Efektivitas Pembelajaran Online Melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 4(03):244–47. doi: http//:10.33751/jppguseda.v4i3.4761.

I Putu Suardipa, Kadek Hengki, Primayana. 2020. “Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Widiyacara Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya 4(2). doi: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.

Indonesia, Pemerintah. 2021. “Peraturan Pemerintah No 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.”

Ismawati, Dwi, and Iis Prasetyo. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting Pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):665. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.671.

Kamaruddin, H. 2021. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru SMK Negeri 4 Gowa dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di Kelas Melalui Program Supervisi.” Jurnal Paedagogy 8(3):414. doi: 10.33394/jp.v8i3.3894.

Kartini, Kartini. 2021. “Analisis Pembelajaran Online Anak Usia Dini Masa Pandemi COVID -19 Kota Dan Perdalaman.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):809–18. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.880.

Kemala, Ayu, and Arif Rohman. 2021. “Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah Di Era Pandemic Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):1044–53. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1129.

Kemendikbud. 2020. “Surat Edaran No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid-19.”

Kemendikbud, Kemendikbud. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.”

Kresnamurti, Rira Hayatunisa, Debibik Nabilatul Fauziah, and Rina Syafrida. 2021. “Efektivitas Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia 1(1).

Kuntarto, Eko, Muhammad Sofwan, and Nurlaili Mulyani. 2021. “Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 7(1):49–62. doi: 10.29407/jpdn.v7i1.15742.

Kurnia, Rita. 2022. “Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta 1(1).

Makhiyah, Alhaju, and Sri Watini. 2021. “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Pada Masa Pandemi Dalam Pengembangan Aspek Kognitif.” Jural Pendidikan Tambusi 5(2):4238–42.

Mamluah, Siti Khomsiyatul, and Achmad Maulidi. 2021. “Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(2):869–77. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.800.

Maryani, Kristiana. 2020. “Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 41–52. doi: 10.37985/murhum.v1i1.4.

Maulina, Iin, and Hazilina Hazilina. 2022. “Implementasi Penilaian Portofolio Di Taman Kanak-Kanak Era Pandemi COVID-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4):3351–60. doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2396.

Nasir, Nasir, Ishaq Bagea, Sumarni Sumarni, Besse Herlina, and Apriani Safitri. 2020. “Memaksimalkan Fitur ‘Breaking Rooms’ Zoom Meeting Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):611. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.662.

Nikmah, Risalatun. 2021. “Optimalisasi Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita Dengan Stimulasi Tumbuh Kembang.” Prosiding Diseminasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 172–82.

Nur Atiqoh Bela Dina, Lia, Novadita Agustin, Maulidia Sukma, and Ari Kusumawati. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Ramah Anak Pada Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding KNPI: Konferensi Nasional Pendidikan Islam 289–306.

Nurzannah, and Hasrian Rudi Setiawan. 2020. “Program Kemitraan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Guru SD (Pembuatan Media Evaluasi Pembelajaran Online).” JCES (Journal of Character Education Society) 2:299–3410. doi: https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.2340.

Permatasari, Mia Indah. 2021. “Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Daring (Google Classroom Dan Zoom Cloud Meeting) Di Smk Negeri 1 Tanjung Palas.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 1(2):154–61. doi: 10.51878/edutech.v1i2.480.

Rahma, Zahratur, and Siti Fatonah. 2021. “Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini di Era Covid-19.” 5:34–43.

Rahmawati, Afri, and Dr Bahrun. 2021. “Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK IT Baitusshalihin dan TK IT Permata Sunnah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Aanak Usia Dini 6:60–71.

Sadat, Achmad. 2020. “Penggunaan Platform Google Classroom Dan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid 19.” Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2(1).

Setiawan, Hasrian Rudi. 2020. “Program Kemitraan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sd (Pembuatan Media Evaluasi Pembelajaran Online).” 1(2):299–310.

Suhendra, Ade. 2021. “Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.” Dirosatul Iftidaiyah 1(1):13. doi: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i1.3724.

Sutiyarti, Ulfah, Kisyani Kisyani, Mintowati Mintowati, and Yulia Hapsari. 2021. “Pelaksanaan Penilaian Formatif Mata Pelajaran Bahasa Jepang di Jawa Timur Pada Masa Pandemi Covid-19.” Journal of Japanese Language Education and Linguistics 5(1). doi: 10.18196/jjlel.v5i1.10568.

Tsalisah, Nadia Hasanah, and Amir Syamsudin. 2022. “Dampak Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3):2391–2403. doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1958.

Utami, Lina Wahyu Setya. 2021. “Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19.” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1(3):150–56. doi: 10.51878/teaching.v1i3.453.

Winarti, Sri, Bahran Taib, Bujuna Alhadad, and Fatoni Achmad. 2021. “Analisis Dampak Covid-19 Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Kelas B4 Di PAUD Telkom Ternate.” Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD 3(1):150–59. doi: 10.33387/cp.v3i1.3140.

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. 1st ed. Jakarta: Kencana.

Zahro, Ifat Fatimah. 2015. “Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung 92–111. doi: https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95.




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.16947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter