• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGENALAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DALAM KONTEKS PANCASILA | Sativa | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    PENGENALAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DALAM KONTEKS PANCASILA

    Bebyi Riza Sativa, Dadan Suryana

    Abstract


    Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap anak korban kejahatan seksual menurut hukum positif adalah harus berdasarkan Pancasila. Negara Indonesia adalah negara hukum yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945. Salah satu wujud dari konsep tersebut ialah perlindungan terhadap warga negaranya, Pancasila sebagai dasar negara merupakan sumber dari segala sumber hukum negara. Pancasila mengarahkan kehidupan dalam sistem kekeluargaan yang harmonis, tetapi saat ini marak terjadi kekerasan yang tidak sesuai dengan Pancasila. . Kekerasan seksual terhadap anak akan berdampak panjang, disamping berdampak pada masalah kesehatan di kemudian hari, juga akan menimbulkan trauma yang berkepanjangan pada anak, bahkan sampai dewasa. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library Research), data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan Deskription Analysis Content, dengan tahapan Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan kejahatan kekerasan semakin marak, penguatan Pancasila perlu diimplementasikan secara terus menerus sejak usia dini. Kendala dalam penguatan Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam pencegahan kejahatan yaitu adanya faktor internal dan ektsternal.


    Keywords


    Kekerasan Seksual; Anak Usia Dini; Pancasila

    References


    Eliza, D. (2013). Penerapan Modul pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-kanak, XIII (2), 93– 106.

    Hernawati, R. A. S. (2019). Penguatan Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa Dalam Upaya Mencegah Kejahatan Dengan Kekerasan. Wacana Paramarta: Jurnal Ilmu Hukum, 18(1), 61-72.

    Kaelan. 2010. Penddidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

    M. Hatta Ali. 2012. Landasan Filsofi Pancasila Dalam Berbangsa dan Bernegara Kesatuan Republik Indonesia, Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI.

    Moerti Hadiarti Soeroso. 2010. Kekerasan Dalam Rumah Tangga Dalam Perspektif YuridisViktimologis. Jakarta: Sinar Grafika.

    Nahar, A., Nisa, I., & Asfiya, M. (2022). Penanganan Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Perspektif Pendidikan Pancasila. Jurnal Smart Law, 1(1), 26-38.

    Nizar, A., & Eliza, D. Sex Education According To Islam For Early Childhood And Implementation In Paud Curriculum. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 152-158.

    Nurul Chomaria, Pendidikan Seks Untuk Anak : Dari Balita Hingga Dewasa, (Solo : Jembatan Ilmu, 2012

    Pentiernitasari, E., & Eliza, D. (2021). Upaya Pencegahan Perlakuan Yang Salah Terhadap Anak (Child Abuse). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9541-9546.

    Rahman Amin, Kebijakan Hukum Pidana Tindak Pidana Perkosaan Di Indonesia.

    Ridwan. Kekerasan Berbasis Gender (Rekonstruksi Teologis, Yuridis, dan Sosiologis). Purwokerto: Pusat Studi Gender (PSG) STAIN Purwokerto. 2006.

    Rokhmah, D. Pancasila. Kekerasan Anak dan Ancaman terhadap Generasi Bangsa.

    Saladin, T. (2020). Tinjauan Yuridis Hukum Korban Kekerasan Seksual Berbasis Nilai Keadilan. Mahkamah: Jurnal Kajian Hukum Islam, 5(2), 270-285.

    Setiawan, D. (2021). Tindak Pidana Terkait Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dalam Perspektif Perlindungan Anak Di Bawah Umur 5 Tahun. Legal Spirit, 4(2).

    Situmeang, S. M. T., & Nurkusumah, I. M. (2021). Kajian Hukum Kekerasan Berbasis Gender Online Dihubungkan dengan Tujuan Pemidanaan dalam Perspektif Negara Hukum Pancasila. Res Nullius Law Journal, 3(2), 162-177.

    Suryana, DadanandElina, ElinaandNurevi, NureviandRatnawilis, Ratnawilis. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Taman Kanak-kanak di Kota Padang. Technical Report. PG-PAUD FIP UNP, Padang

    Suryana, D. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktek Pembelajaran). UNP Press

    Susilowati. 2016. Pancasila Sebagai Sumber Segaka Sumber Hukum Dan Kekerasan Atas Nama Agama Di Indonesia. Jakarta: Kencana.

    Utami, Penny. 2018. Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dalam Perspektif Hak Atas Rasa Aman di Nusa Tenggara Barat. Jurnal HAM Vol. 9, No 1

    W.J.S Poerwadarminta. 2005. Kamus Indonesia. Jakarta.

    Yusri, Y., Mudrika, M., & Amin, A. A. (2013). Komik Pancasila Untuk Generasi Pancasila (Implementasi Nilai Pancasila Melalui Media Komik Pada Anak Usia Dini). Jurnal Nalar Pendidikan, 1(1).




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.17704

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter