PENGGUNAAN WEBSITE PADA LAYANAN INFORMASI ADMINISTRASI LABORATORIUM PAUD DI FKIP UNSRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menata layanan informasi administrasi laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Website di FKIP Unsri yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu: analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah enam dosen dan 62 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, angket, dan observasi. Instrumen validasi ahli dan instrumen efektivitas pada penelitian ini menggunakan skala penilaian. Hasil validasi dilakukan kepada 3 validator yang memvalidasi 3 aspek yaitu: bahasa, media dan materi. Ketiga validator menyatakan website terkategori sangat valid dengan persentase sebagai berikut: 90% dari ahli materi, 87,2% dari ahli media, dan 87,5% dari ahli bahasa. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan website pada layanan informasi administrasi laboratorium PAUD FKIP Unsri yaitu sangat sukses dengan persentase 91,5% dengan kategori sangat efektif dari 13 item pertanyaan yang terdiri dari 6 responden dosen aktif FKIP Unsri dan 86,3 % dengan kategori sangat efektif dari 62 responden mahasiswa aktif pada program studi PG-PAUD FKIP Unsri. Sehingga hasil pengembangan yang dilakukan disimpulkan bahwa website layanan informasi yang dikembangkan sangat efektif dan mampu digunakan sebagai layanan informasi daring pada Prodi PG-PAUD FKIP Unsri.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andri, R. M. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 150–157. https://doi.org/10.36088/FONDATIA.V4I1.467
Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA : JOURNAL OF EDUCATION, 2(1), 64–73.
Cholifah, S. N., & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.29303/CEP.V5I1.3280
Efendi, M. (2013). Pengembangan Media Blog Dalam Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling. Jurnal BK UNESA, 1(1), 701–711.
Hidayah, C., Ningrum, C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69–78. https://doi.org/10.23887/IVCEJ.V2I2.19436
Irawan, I. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau. JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, 1(2), 55–66. https://doi.org/10.36378/JTOS.V1I2.21
Kurniawan, A., Chabibi, M., & Dewi, R. S. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web Dengan Metode Prototyping Pada Desa Leran. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 7(1), 114–121. https://doi.org/10.30865/JURIKOM.V7I1.1863
Latifah. (2018). Peran HIMPAUDI Dalam Meningkatkan Manajemen PAUD Di KOBER Darul Farohi | Latifah | Comm-Edu (Community Education Journal). Jurnal Comm-Edu, 1(2), 72–81.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/EDURELIGIA.V2I2.459
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/JPPFA.V2I1.2616
Nuraeni, L., & Santana, F. D. T. (2015). Persepsi, Pola Pengasuhan, dan Peran Serta Keluarga Pemulung Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif pada Keluarga Pemulung di Kampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 160–168. https://doi.org/10.22460/P2M.V2I2P160-168.175
Priyadi, M. F. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XII SMK PGRI 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. UIN Raden Intan Lampung.
Purwanto, E. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif. Pustaka Pelajar.
Riduwan, & Warsiman. (2008). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Rikanika. (2017). Pengembangan system informasi sekolah berbasis website di SMK Negeri 1 Makassar.
Setiawan, A. A. (2020). Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sleman. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharso, P., Arifiyana, I. P., Mizati, D., & Wasdiana, D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 271–286. https://doi.org/10.14710/ANUVA.4.2.271-286
Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. Prosiding Semnastek, 0(0), 1–8.
Tania, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–9.
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i2.18356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785