IDENTIFIKASI KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN PADA GURU DI TK TUNAS BANGSA DESA KOTA TANAH OKU TIMUR

Dea Ananda, Mahyumi Rantina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan memberikanpenguatan pada guru di TK Tunas Bangsa Desa Kota Tanah OKU Timur. Jenispenelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di TK Tunas Bangsa pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini berfokus pada keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan dan cara yang digunakan guru dalam memberi penguatan. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder yaitu guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Tunas Bangsa Desa Kota Tanah OKU Timur dominan memberikan penguatan verbal dengan kata-kata seperti “sip, hebat, dan pintar” daripada menggunakan kalimat. Lalu untuk penguatan non verbal guru dominan menerapkan penguatan dengan menepuk bahu anak, mengacungkan jempol, mendekati anak, dan memberikan simbol. Serta untuk cara yang digunakan sudah baik dimana guru menggunakan variasi dalam memberi penguatan, menyebut nama anak, dan tidak ditunda-tunda. kata-kata kunci: Keterampilan Memberi Penguatan, Penguatan Verbal, Penguatan Non Verbal, Cara Memberi Penguatan. 

References


Abubakar, S. R. (2018). Mencegah Lebih Efektif dari pada Menangani (Kasus Bullying pada Anak Usia Dini). Jurnal Smart Paud, 1(1), 1.

Agustina, M., Yulistio, D., & Utomo, P. (2020). Keterampilan Guru Memberi Penguatan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Ipa Di Sma Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 46–53. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/8227

Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2019). Pemberian Penguatan (Reinforcement) Verbal Dan Nonverbal Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Viii Mtsn Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20246

Aini, K., & Pujiastuti, H. (2020). Hubungan antara Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. JURING (Journal for Research in …, 3(3), 259–266. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/10238

Amalia, R. (2018). Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan (ADHD) melalui Pendekatan Kognitif Perilaku dan Alderian Play Therapy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27.

Asril, Z. (2018). MICRO TEACHING EDISI KEDUA. Rajawali.

Febianti, Y. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment yang Positif. Jurnal Edunomic, 6(2), 97.

Firdaus, M., Yunus, M., & Andari, K. D. W. (2020). DESKRIPSI PEMBERIAN PENGUATAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V DI SDN 011 TARAKAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, v(01), 116.

Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad ke-21. PT. Refika Aditama.

Madjid, A. (2019). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU: KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR. Peqgurung: Conferences Series, 1(September), 1–8.

Mufidah, I., & Asmawi, H. (2017). Komunikasi Interpersonal dan Keterampilan Memberi Penguatan: Sebuah Analisa Korelasional terhadap Minat Belajar Siswa. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 1–19.

Nababan, R. (2018). Hubungan Keterampilan Guru Memberi Penguatan (Reinforcement) Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Perguruan Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Civic Education Volume, 1(1), 1–9.

Nurdiani. (2018). EFEKTIFITAS KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN.

Pradnyayoni, N. K. W. (2017). KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MEMBERI PENGUATAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 44–48.

Puspita Sari, E. (2017). PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG (Vol. 110265).

Rusmaini. (2019). Kemampuan Dasar Mengajar. Unpam Press.

Rusmayanti, A. (2021). PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN MEMBERIKAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 JEMBER. In Digital Repository Universitas Jember (Issue September 2019).

Setyowahyudi, R; Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Golden Age, 4(01), 100–111. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2167

Suhanda, Imron, A., & M, S. (2017). Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. FKIP Unila.

Sulha. 2019. Keterampilan Guru Dalam Memberikan Penguatan Terhadap Ssiwa Kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika pada Mata Pelajaran Produktif Multimedia SMK Negeri 1 Pengasih Kabupaten Kulonprogo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i2.18751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter