• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGEMBANGAN VIDEO KEGIATAN SAINS ANAK USIA (5-6) TAHUN BERBASIS LIFESKILL | Fauzia | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    PENGEMBANGAN VIDEO KEGIATAN SAINS ANAK USIA (5-6) TAHUN BERBASIS LIFESKILL

    Siti Fauzia, Syafdaningsih Syafdaningsih

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media video kegiatan sains berbasis lifeskill yang teruji kevalidan dan kepraktisannya. Pengembangan dilakukan menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development) yang dikombinasikan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one evaluation, and small group evaluation. Hasil pengembangan video kegiatan sains anak usia (5-6) tahun berbasis lifeskill yaitu sangat valid dan sangat praktis. berdasarkan hasil expert review oleh ahli materi dan ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid. Validitas materi dan media ditinjau dari indicator berupa kesesuaian materi dengan kurikulum. kesesuaian materi dengan kebutuhan dan perkembangan anak usia dini, serta beberapa aspek yang menjadi penilaian yaitu aspek edukatif, aspek teknis/penyajian dan aspek estetika. Sedangkan hasil dari tahap one to one evaluation yang diuji kepada 3 anak didapatkan nilai rata-rata sebesar 91,6% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya pada tahap small group evaluation diperoleh nilai rata-rata sebesar 92,5% dengan kategori sangat praktis. Dari rata-rata nilai tahap one to one evaluation dan small group evaluation diperoleh nilai rata-rata sebesar 92,05% dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan ditinjau dari indicator yang memuat kemenarikan tampilam video, desain terlihar menarik dan menyenangkan bagi anak, serta materi yang disajikan mudah dipahami oleh anak.


    Keywords


    video kegiatan sains, anak usia dini, lifeskill

    References


    Adhani, Dwi Nurhayati, Dkk.2017. Mengajarkan Daily Lifeskill Pada Anak 6 Tahun Yang Menderita Retardasi Mental Dengan Pendekatan Montessori. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 3a

    Agustini, Ketut & Jero Gede Ngarti. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 4 Nomor 1 April e-ISSN: 2615-6091

    Anwar, Pendidikan Kecakapan Hidup, Alfabeta, Bandung, 2015, hlm. 54.

    Busyaeri, Akhmad, dkk. 2016.Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon, Al Ibtida, Vol.3, Juni

    Depdiknas, Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Broad-Based Education, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2002, hlm. Standard Pendidikan Anak Usia Dini (PERMENDIKNAS NO.58 TAHUN 2009)

    Dewi, Ayu Citra, Dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Pemahaman Sains Fisika. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3 Issues 1 Pages.18-29 Doi: 10.100/Obsesi.V3il.136

    Listiawati, Enny & Nurul Komariyah. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Bus Math (Bussiness Mathematic) Pada Materi Barisan Dan Deret. Indonesian Jounal Mathematics And Sciences Education Vol. 2 No. 1 Hlm 136-149

    Nyoto, Amat. (2016). Transformsi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Globalisasi.

    Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Jawa Barat: Upi Sumedang Press

    Rika N, Putri.2017. Pengaruh Pemanfaatan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Di Kelas XI SMAN 10 Aceh Barat Daya. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh

    Ridha, Mhd,. Dkk. 2021.Efektifitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tembusai. Vol 5 No 1 Hlm 154-162

    Setyowati, Esty.2021. Pengembangan Video Aktivitas Sains Berbasis Problem Based Learning Pada Anak Usia (5-6) Tahun. Skripsi. Universitas Sriwijaya

    Sugiono.2019. metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

    UU No: 20 Tahun 2003 Bab II pasal 3

    Vitasary, Vini. 2020. Pengembangan Lagu Berbasis Cerita Bergambar Untuk Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Tumbuh Kembang. Vol 7 No 13 Doi 10.36706/jtk.v7i1.11459

    Walujo, Djoko Adi dan Anies Lisyowati.2017. Kompewndium Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia

    WHO Programme On Mental Health, Life Skills Education In Schools, Who, Division Of Mental Health And Prevention Of Substance Abuse, Geneva, 1997, Hlm. 1.8

    Widya, Pratama & Astrid Krisdayanthi. 2018. Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Aud Sebagai Bekal Kecakapan Hidup. Jurnal Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar Vol.3 No 2

    Zaman, B, dan Hernawan, AH. H. (2017). Media dan Sumber Belajar PAUD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v10i1.19357

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter