ALAT PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI SARANA PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI
Abstract
Keterlambatan motorik halus dapat mengakibatkan anak tidak dapat menggambar, menulis, mencoret – coret, bahkan sulit untuk mengkoordinasikan tangan dan mata. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap motorik halus anak usia dini. Metode penelitian menggunakan kuantitatif Pre-eksperimental One Shot Case Study. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 25 for windows dengan jumlah data peserta didik (N) yaitu 17 pada taraf signifikansi 0,05 maka didapat rtabel sebesar 0,482. Uji reliabilitas menyebutkan hasil yang reliabel yaitu 0,862. Uji normalitas menyebutkan hasil yang normal yaitu Sig pada kolom Shapiro-Wilk keempat APE memperoleh nilai signifikansi yaitu, Origami nilai Sig 0,412, Biji-bijian memiliki nilai Sig 0,021, lalu Finger Painting memiliki nilai Sig 0,007 kemudian Gunting nilai Sig yaitu 0,005 yang berarti bahwa apabila nilai sig ? 0,05 sehingga dapat beristribusi normal. Uji homogenitas menyebutkan hasil yang sig yaitu 0,010. Dan uji hipotesis anova one way menyatakan hasil Sig < 0,05 dengan hasil uji anova one way yaitu sebesar 0,000 maka dinyatakan Sig. Mempunyai arti Ha diterima. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh APE terhadap motorik halus anak. Karena APE yang digunakan peneliti, merupakan kreasi mandiri dalam pengembangan media belajar agar anak tidak bosan ketika belajar. Selain itu, temuan penelitian ini mendapati bahwa motorik halus berkembangan karena adanya stimulasi sarana kreasi APE yang digunakan beragam. Temuan penelitian selain APE dapat mengembangkan motorik halus anak, kreasi pengembangan APE juga mempermudah belajar anak lebih menyenangkan, melatih konsentrasi, mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak, menghilangkan rasa bosan anak karena permainan yang anak lakukan cenderung selalu berbeda, hasilnya komponen tersebut secara tidak sadar ikut meningkat selain motorik halus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23–31. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427
Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Caramedia (ed.); Pertama). Caramedia Communication.
Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 4. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.581
Hardianti, F. (2019). Alat Permainan Edukatif Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Golden Age, 3(01), 18.
Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 23. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831
Jazariyah, J., Latifah, E., & Atifah, N. Z. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 181–182. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.5038
Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF. Jurnal PGPAUD Trunojoyo, 1(2), 103–113.
Lestariningrum, A., Isfauzi Hadi Nugroho, & Agustia Budiarti. (2020). Kegiatan Meremas Koran Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 107. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1617
Lisdayanti, R., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2007). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DI TK ISLAMIYAH PONTIANAK. 3(1), 1.
Maftuhah dan Endang Ratnasari. (2014). Peningkatan kemampuan motorik halus pada anak melalui permainan membuat plastisin alami. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(1), 48.
Meriyati, M., Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Apriyanti, E. (2020). Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 729. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.667
Ningsih, T. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif “Kartu Baca Ngaji Asyik” Untuk Anak Usia Dini. In M. Hamid (Ed.), Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak … (I). Istana Agency.
Nisak Aulina, C. (2017). Metodologi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini (S. Budi Sartika (ed.); I). UMSIDA Press.
Nurfajria, I. S. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK MENGGUNAKAN MEDIA TANAH LIAT DI KELOMPOK B TK AR-ROFI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TK Ar-Rofi Bantargebang-Bekasi). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 25. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i1.4641
Nurjanah, N. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Keperawatan, V(2), 67.
Nurjani, Y. Y. M. M. H. A. U. D. M. K. M. (2019). Upaya Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 85. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1026
Oktarina, A., Angraini, W., & Susilawati, B. (2020). Penggunaan Media Kolase Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. 3(2), 186–198.
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 93–94.
Purnawati, S., Ariyanto, F. L. T., & Nazarullail, F. (2022). Pemanfaat Ape Wire Game Sebagai Alat Bantu Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 4. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3755
Sukanti, E. R. (2020). PERKEMBANGAN MOTORIK. In S. Amalia (Ed.), Suparyanto dan Rosad (2015 (I). UNY Press.
Sularsih, T. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILANMOTORIK HALUSMENGGUNAKANMEDIA TANAH LIAT PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS KARYA II DESA KAYEN KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019. Jurnal Visioner, 01(01), 27.
Sutini, A., & Rahmawati, M. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Model Pembelajaran Bals. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10519
Tadjuddin, N. (2014). Meneropong Perkembangan AUD ( herya team Media (ed.); cetakan pe). herya media.
Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2021). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Widayati, S., Rinakit Adhe, K., Nafisa, F., & Faiza Silvia, E. (2019). Tahapan Menggunting dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 1(2), 52. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1402
Wigati, M., & Wiyani, N. A. (2019). Kreativitas Guru Dalam Membuat Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 43. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2700
Wulansari, W. (2018). MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BERBAGAI MACAM BIJI-BIJIAN PADA KELOMPOK B. 4(8), 1295.
Yunita, A., Fatimah, A., & Fahmi. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia DIni, 8(1), 28.
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v10i1.19942
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785