• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • MEDIA E-COMIC BERBASIS CARTOON STORY MARKER MATERI HURUF KAPITAL DI KELAS II SEKOLAH DASAR | Linggawaty | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    MEDIA E-COMIC BERBASIS CARTOON STORY MARKER MATERI HURUF KAPITAL DI KELAS II SEKOLAH DASAR

    Putri Linggawaty, Santi Oktarina, Windi Dwi Andika, Sri Sumarni

    Abstract


    Kemampuan menulis tingkat dasar sangat diperlukan oleh siswa kelas rendah salah satunya yaitu kemampuan siswa menulis menggunakan huruf kapital dengan benar. Dalam pembelajaran banyak ditemukan siswa kelas II SD yang salah menuliskan huruf kapital dengan benar. Hal ini diakibatkan oleh variasi media yang digunakan masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media e-comic menggunakan aplikasi cartoon story marker pada materi penggunaan huruf kapital di kelas II SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan modifikasi berdasarkan kebutuhan penelitian yaitu gabungan Borg dan Gall dan Allesi dan Trollip. Tahapan penelitian ini adalah penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, revisi produk dan validasi ahli. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu terdiri dari kegiatan observasi dan wawancara, walkhrough, angket dan juga tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi 93.60% kategori sangat valid, validasi media 93.91% kategori sangat valid dan bahasa 93.60% kategori sangat valid. Dari ketiga validasi diperoleh hasil rata-rata 94.77% dengan kategori sangat valid. Sedangkan skor kepraktisan diperoleh rata-rata presentase sebesar 89% kategori sangat praktis. Sehingga disimpulkan bahwa media e-comic menggunakan cartoon story marker pada materi penggunaan huruf kapital ini siswa teruji valid dan praktis serta layak.

    Keywords


    e-comic; cartoon story marker; huruf kapital, sekolah dasar.

    References


    Ahmad, H.A. (2019) Kenapa Komik Digital. Tersedia pada: https://www.academia.edu/1721061/Kenapa_Komik_Digital.

    Alessi, S.M. dan Trollip, S.R. (2001) Multimedia for learning Methods and Development. Pearson Education.

    Borg, W.R. dan Gall, M.D. (1983) Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

    Budiarti, W.N. dan Haryanto, H. (2016) “Pengembangan media komik untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV,” Jurnal Prima Edukasia, 4(2), hal. 233–242.

    Daryanto (2013) Strategi dan Tahapan Mengajar : Bekal Keterampilan Dasar Bagi Guru. Bandung: Yrama Widya.

    Nurinayati, F., Sartono, N. dan Evriyani, D. (2014) “Development of digital comic as learning media on immune system topic in SMAN 13 Jakarta,” Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), hal. 47–52. Tersedia pada: https://doi.org/10.21009/biosferjpb.7-2.8.

    Presiden Republik Indonesia (2008) Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru Pasal 3.

    Resmini, N. (2010) “Model-model pembelajaran terpadu,” Universitas Pendidikan Indonesia, hal. 1–10.

    Riduwan (2012) Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

    Riwanto, M.A. dan Wulandari, M.P. (2018) “Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energ,” JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 2(1). Tersedia pada: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295.

    Septiana, N., Utami, N.C.M. dan Suntari, Y. (2023) “Pengembangan Majalah Elektronik Berbasis Kontekstual Dalam Muatan Pelajaran Ips Kelas V Sekolah Dasar,” Educational Technology Journal, 3(1), hal. 40–48.

    Sudjana, N. dan Rivai, A. (2017) Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

    Sugiyono (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

    Suri, D.A. dkk. (2021) “E-Comics as an interactive learning media on static fluid concepts,” in 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020). Atlantis Press, hal. 358–361. Tersedia pada: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210413.083.

    Tarigan, H.G. (2018) Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.


    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter