PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA KERINJING

Riska Aprilia, Sri Sumarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan edukatif untuk kemampuan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun di Desa Kerinjing yang validitas dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer. Tahapan pengembagan Rowntree yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Tahap evaluasi formatif Tessmer terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough berupa expert review dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi sebesar 78% dan validitas media sebesar 92%, diperoleh rata-rata validitas produk sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Tahap one-to-one evaluation melibatkan 2 orang anak dengan hasil 91% dan tahap small group evaluation melibatkan 6 orang anak dengan hasil 90% dan dari keduanya diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Dari semua tahap yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif untuk kemampuan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun di Desa Kerinjing dinyatakan sangat valid dan sangat praktis dan layak digunakan untuk pembelajaran gerak lokomotor.

Keywords


Alat Permainan Edukatif, Gerak Lokomotor, Anak Usia Dini

References


Anggraini. (2015). Pengembangan Media Layanan Klasikal Berbasis Cerita Bergambar Bidang Sosial di Kelas IV SD Negeri 179 Palembang. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya.

Fadlillah. (2018). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Kuryanto, M. S., & Pratiwi, I. A. (2018). Hubungan Permainan Tradisional Betengan Terhadap Gerak Lokomotor Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(2).

Nisa, I., & Suwardi. (2019). Stimulasi Gerak Lokomotor Anak Usia 1-4 Tahun Melalui Metode Gerak Dan Lagu. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 88. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.571

Pratiwi, I., Syafdaningsih, & Rukiyah. (2018). Pengembangan Alat Bermain Papan Magnetik Maze Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11156

Purnama, S., Hijriyani, Y.S., & Heldanita. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

S, T. S., Nasirun, M., & D, D. (2020). Aplikasi Gerak Lokomotor Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar. Potensia, Jurnal Ilmiah, 5(1), 16–24.

Sitorus, A. S. (2017). Pendidikan Multikultur Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Ijtimaiyah, 1(1). https://core.ac.uk/download/pdf/266978029.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tomi, I. P. A. A., & Sudjana, I. N. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS III C SDN KRIAN 3 KABUPATEN SIDOARJO. PENDIDIKAN JASMANI, 26(02), 229–237.




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i2.22179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter