PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK MANIPULATIF MELALUI PERMAINAN BOLA BASKET PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG

Mira Gustia

Abstract


Abstract

Enhancement of Manipulative Motion Skills Through Basketball Games for Children has been carried out and carried out in Group B in the Az-Zahrah Islamic Kindergarten in Palembang with the type of classroom action research using the Kemmis and McTaggart research designs. This research was carried out collaboratively in two cycles, with each cycle consisting of two actions. Each cycle consists of planning, implementation and observation, and reflection. The data were collected using the performance test instrument, and observation guidelines, then analyzed quantitatively. The results showed that the application of basketball games can improve manipulative movement skills. This can be seen in the average score of 77.5 students in cycle 1 in the category of developing according to expectations, and the average score of students in cycle 2 to 93.9 in the category of developing very well. So the implementation of the act of using basketball games has reached the indicator of success in this study, namely the average score of acquisition skills of manipulative children ?75.00 and classical learning completeness reaches 75%. This increase is due to changes in playgrounds and changes in group members. Seeing the results obtained, it is recommended for the next researcher to do the same research with different aspects of development

Keywords: Manipulative Motion Skills, Basketball Games.

 

Abstrak

Peningkatan Keterampilan Gerak Manipulatif Melalui Permainan Bola Basket Pada Anak telah dilakukan  dan  dilaksanakan  pada  Kelompok  B  di TK Islam Az-Zahrah Palembang dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi dan observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja, dan pedoman observasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan bola basket dapat meningkatkan keterampilan gerak manipulatif. Hal tersebut dapat dilihat pada skor rata-rata siswa 77,5 pada siklus 1 berada pada kategori berkembang sesuai harapan, dan skor rata-rata siswa siklus 2 menjadi 93,9 berada pada kategori berkembang sangat baik. Jadi pelaksanaan tindakan menggunakan permainan bola basket telah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian ini yakni skor perolehan rata-rata keterampilan gerak manipulatif anak  ?75,00 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 75%. Peningkatan ini disebabkan karena adanya perubahan tempat bermain dan perubahan anggota kelompok. Melihat hasil yang diperoleh, disarankan bagi peneliti selanjutnya melakukan penelitian yang sama dengan aspek perkembangan yang berbeda.

Kata Kunci : Keterampilan Gerak Manipulatif, Permainan Bola Basket.





DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v1i1.6452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter