• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • Peran Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN 18 Jakarta | Muhtarom | Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

    Peran Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN 18 Jakarta

    Herdin Muhtarom, Gery Erlangga

    Abstract


    Abstrak: Berawal dari permasalahan dilingkungan sekolah terkait acara yang dilaksanakan oleh pihak sekolah mengenai peristiwa sumpah pemuda yang sebatas hanya merayakan saja tanpa memaknai nilai-nilai sumpah pemuda dalam kegiatan tersebut. Sehingga dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui tingkat pemahaman peserta didik SMAN 18 Jakarta dalam memahami isi kandungan peristiwa sumpah pemuda sebagai peran dalam membentuk karakter. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Methods dengan jenis model Sequential Explanatory. Kemudian teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada peserta didik SMAN 18 Jakarta sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menujukan bahwa pemahaman mengenai peran nilai-nilai sumpah pemuda dalam membentuk karakter peserta didik SMAN 18 Jakarta memahami terkait makna isi dalam peristiwa sumpah pemuda dengan presentase data 67,7% menyatakan paham akan nilai yang terkandung dalam sumpah pemuda. Sebagai generasi milenial seharusnya dapat mengimplementasikan pemahaman nilai-nilai sumpah pemuda sehingga mampu meningkatkan rasa nasionalisme pada generasi milenial.

    Kata Kunci: Milenial, Sumpah Pemuda, Nasionalisme.


    Abstract: Starting from a problem in the school environment related to the event held by the school regarding the youth oath event which was limited to celebrating it without interpreting the values of the youth oath in the activity. So that in this study, it has the aim of being able to determine the level of understanding of Senior High School Number 18 Jakarta students in understanding the contents of the youth oath incident as a role in shaping character. This study uses the Mixed Methods method with the Sequential Explanatory model type. Then the data collection technique was by distributing questionnaires to students of SMAN 18 Jakarta as the research sample. The results show that the understanding of the role of youth oath values in shaping the character of students of Senior High School Number 18 Jakarta understands the meaning of the content in the youth oath incident with a data percentage of 67.7% expressing understanding of the values contained in the youth oath. As a millennial generation, it should be able to implement an understanding of the values of the youth oath so as to increase the sense of nationalism in the millennial generation.

    Keywords: Millennial, Youth Pledge, Nationalism.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jc.v10i2.13525

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Herdin Muhtarom, Gery Erlangga

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
    Program Studi Pendidikan Sejarah
    Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
    FKIP Universitas Sriwijaya
    Jl. Palembang-Prabumulih, km. 32. Indralaya-Ogan Ilir
    email: criksetra@fkip.unsri.ac.id
     
    P-ISSN: 1978-8673 
    E-ISSN: 2656-9620

     Indexed By:

       

    Publish by:

    Sriwijaya University in collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):

    Flag Counter

     

    Lisensi Creative Commons

    Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

    View My Stats