• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Pengembangan E-Modul Strategi Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Mahasiswa | Chairunisa | Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

    Pengembangan E-Modul Strategi Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Mahasiswa

    Eva Dina Chairunisa, Ahmad Zamhari

    Abstract


    Abstrak: Mengacu kepada empat kompetensi yang harus dimiliki pada abad 21, kemampuan literasi digital adalah salah satu kompetensi yang sangat penting untuk dimiliki generasi muda saat ini khususnya mahasiswa Pendidikan Sejarah. Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan e-modul pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Sejarah di Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP-Universitas PGRI Palembang. Adapun ujuan dari penelitian ini menghasilkan e-modul pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan tahapan yaitu, need assessment, literature review, planning, develop preminarry form of product, revisi produk, preminnary field test, dan revisi produk. Dalam modul ini disusun menjadi lima bagian besar, terdiri dari teori belajar, PAIKEM, Model, metode dan media pembelajaran serta contohnya dan penilaian pada pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul ini dinilai sudah komunikatif dan user friendly untuk digunakan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Strategi Pembelajaran Sejarah.

    Kata Kunci: E-Modul, Pembelajaran Sejarah, Literasi, Digital.

     

    Abstract: Referring to the four competencies that must be possessed in the 21st century, digital literacy skills are one of the most important competencies for today's young generation especially student of history education. The problem of this research is how to develop an e-module in the History Learning Strategy course in History Study Program in Faculty of Teacher and Training Education, University of PGRI Palembang. The purpose of this research is to produce e-modules in the History Learning Strategy course. This study uses a development research method with stages, namely, need assessment, literature review, planning, developing the preminarry form of product, product revision, preminnary field test, and product revision. In this module, it is organized into five major sections, consisting of learning theory, PAIKEM, models, methods and learning media as well as examples and assessments of historical learning. The results showed that this e-module was considered communicative and user friendly to be used by students taking the History Learning Strategy course.

    Keywords: E-Modul, History, Learning, Digital, Lieteracy


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jc.v11i1.16047

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Eva Dina Chairunisa, Ahmad Zamhari

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
    Program Studi Pendidikan Sejarah
    Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
    FKIP Universitas Sriwijaya
    Jl. Palembang-Prabumulih, km. 32. Indralaya-Ogan Ilir
    email: criksetra@fkip.unsri.ac.id
     
    P-ISSN: 1978-8673 
    E-ISSN: 2656-9620

     Indexed By:

       

    Publish by:

    Sriwijaya University in collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):

    Flag Counter

     

    Lisensi Creative Commons

    Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

    View My Stats