Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang Mengintegrasikan Nilai Nilai Pancasila untuk Membantu Guru PKn Membelajarkan Nilai Nilai
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila (RPPMNP) untuk membantu guru PKn dalam membelajarkan nilai-nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R & D. Responden pada saat studi pendahuluan adalah 20 orang guru PKn dari sepuluh SMPN di kota Palembang dan lima orang validator, serta dua orang guru PKn kelas VII SMPN yang menjadi guru model pada saat uji coba terbatas dan ujicoba lebih luas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Simpulannya bahwa desain RPPMNP adalah RPP yang semua komponennya diintegrasikan dengan nilai-nilai Pancasila yaitu mulai dari penentuan indikator, tujuan pembelajaran, bahan ajar, model dan metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, media dan sumber belajar, serta instrumen penilaian.      Â
Kata Kunci: RPPMNP, Integrasi, Nilai-Nilai
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jc.v3i2.4767
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Umi Chotimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Publish by:
Sriwijaya University in collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats