Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Stad dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD Islam Az-Zahrah Palembang
Abstract
kegiatan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Islam Az-Zahrah Palembang. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti mengambil sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV Fatonah (Bilingual 1) SD Islam Az-Zahrah Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalahTes dan Observasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Setelah data dianalisis maka terlihat Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II, hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar individu dimana pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang siswa (91,67%), sedangkan yang belum tuntas berjumlah 2 (8,33%). Pada siklus I ketuntasan belum tercapai karena belum mencapai 100%. Pada siklus II terjadi peningkatan dimana jumlah siswa yang tuntas telah mencapai 24 orang (100%). Pada siklus II ini ketuntasan kelas sudah tercapai karena sudah mencapai 100 %. Berdasarkan hasil pengolahan analisis data dan evaluasi yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I, siklus II, terlihat jelas adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap pembelajaran materi pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar, STAD, Pembelajaran IPS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jc.v5i1.4805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Omief Tachliatush Sholihah, Yunani Hasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
Publish by:
Sriwijaya University in collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):
Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats