• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Penerapan Media Pembelajaran Video Dokumenter Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII di SMA YKPP Pendopo | Nurjanah | Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

    Penerapan Media Pembelajaran Video Dokumenter Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII di SMA YKPP Pendopo

    Rina Nurjanah, Alian Sair

    Abstract


    Penelitian ini berjudul “Penerapan Media Pembelajaran Video Dokumenter Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII di SMA YKPP Pendopoâ€. Terdapat tiga permasalahan dalam penelitian ini yaitu, apakah ada hubungan antara media pembelajaran video dokumenter dengan Motivasi, apakah ada hubungan antara media pembelajaran video dokumenter dengan Hasil Belajar Siswa, dan apakah ada hubungan antara media pembelajaran video dokumenter dengan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini secara keseluruhan yakni untuk mengetahui pengaruh dari  penerapan media pembelajaran video dokumenter terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Atas YKPP Pendopo. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas XII Ilmu Pengetahuan Alam 1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran video dokumenter dan kelas XII Ilmu Pengetahuan Alam 2 sebagai kelas kontrol menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji linieritas yaitu uji korelasi ganda dengan taraf signifikan (α = 0.05). Berdasarkan hasil analisis data dari ketiga permasalahan di peroleh terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga variabel penelitian.

     

    Kata kunci : Media pembelajaran video dokumenter, motivasi, dan hasil belajar.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jc.v5i2.4808

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2016 Rina Nurjanah, Alian Sair

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
    Program Studi Pendidikan Sejarah
    Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
    FKIP Universitas Sriwijaya
    Jl. Palembang-Prabumulih, km. 32. Indralaya-Ogan Ilir
    email: criksetra@fkip.unsri.ac.id
     
    P-ISSN: 1978-8673 
    E-ISSN: 2656-9620

     Indexed By:

       

    Publish by:

    Sriwijaya University in collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):

    Flag Counter

     

    Lisensi Creative Commons

    Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

    View My Stats