• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di Sekolah Menengah Atas | Kholidin | Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah

    Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di Sekolah Menengah Atas

    Kholidin Kholidin, Hudaidah Hudaidah, Sani Safitri

    Abstract


    Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di Sekolah Menengah Atas” memuat data mengenai peninggalan Islam di kota Palembang, Masjid Agung Palembang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaranVideo Scribe Sparkol pada mata pelajaran sejarah kelas XI di Sekolah Menengah Atas yang valid dan memiliki dampak efektifitas. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang valid dan memiliki dampak efektifitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut  (1) Analisis Kebutuhan, (2) Tahapan Desain, dan (3) Tahapan Pengembangan dan Implementasi. Kevalidan media pembelajaran dinilai oleh tiga tim ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Kevalidan materi memiliki nilai sebesar 4,13 dengan kategori valid, kevalidan media sebesar 4,30 dengan kategori sangat valid, dan kevalidan desain pembelajaran sebesar 4,53 dengan kategori sangat valid.Penelitian pengembangan ini telah dilakukan dan diterapkan di kelas XI.3 SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Efek potensial penggunaan media terlihat dari hasil belajar sebelum dan sesudah menggunaan media pembelajaranVideo Scribe Sparkol pada tahap uji coba lapangan dengan hasil rata-rata pretest yaitu 44,3 dengan kategori sangat rendah dan kemudian rata-rata postest yaitu 89,6 dengan kategori baik. Terjadi peningkatan sebesar 45,3% dan nilai ngain 0,81 jika 0,81 ? 0,7 maka termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukan media pembelajaran menggunakan program Video Scribe Sparkol pada materi Masjid Agung Palembang telah berhasil diterapkan dan memiliki nilai validdan memiliki dampak efektifitas.

     

    Kata Kunci : Video Scribe Sparkol, Media pembelajaran, pengembangan, Hannafin and Peck, validitas, dan efektifitas.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jc.v6i2.5319

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Kholidin Kholidin, Hudaidah Hudaidah, Sani Safitri

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
    Program Studi Pendidikan Sejarah
    Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
    FKIP Universitas Sriwijaya
    Jl. Palembang-Prabumulih, km. 32. Indralaya-Ogan Ilir
    email: criksetra@fkip.unsri.ac.id
     
    P-ISSN: 1978-8673 
    E-ISSN: 2656-9620

     Indexed By:

       

    Publish by:

    Sriwijaya University in collaboration with Association of History Education Programs throught Indonesia (Persatuan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia/P3SI):

    Flag Counter

     

    Lisensi Creative Commons

    Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah by E-Journal Sriwijaya University is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

    View My Stats