KEMAMPUAN PESERTA DIDIK SMK NEGERI 3 PALEMBANG DALAM MEMAHAMI MATERI PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain: Bangsa Indonesia saat ini dihadapkan pada krisis karakter yang cukup memprihatikan. Di sisi lain, praktek pendidikan Indonesia cenderung terfokus pada pengembangan aspek kognitif sedangkan aspek soft skils atau non akademik sebagai unsur utama pendidikan karakter belum diperhatikan secara optimal bahkan cenderung diabaikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan peserta didik di SMK Negeri 3 Palembang dalam memahami materi Pendidikan karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan pemahaman peserta didik terkait pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pada peserta didik terhadap materi Pendidikan karakter dimana terjadi peningkatan skor pada tes yang dilakukan di siklus kedua sehingga dapat disimpulkan jika dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas adanya peningkatan kemampuan dari peserta didik untuk memahami materi yang diajarkan.
ABSTRACT
This research is motivated by several problems, including: The Indonesian nation is currently faced with a character crisis which is quite concerning. On the other hand, Indonesian education practices tend to focus on developing cognitive aspects, while soft skills or non-academic aspects as the main elements of character education have not been optimally considered and even tend to be ignored. The formulation of the problem in this research is how is the ability of students at SMK Negeri 3 Palembang in understanding the material of national character education. This study aims to look at students' understanding abilities related to character education. The research method used is classroom action research. The results of this study indicate an increase in students' understanding of character education material where there is an increase in scores on tests conducted in the second cycle so that it can be concluded that in learning conducted in class there is an increase in the ability of students to understand the material being taught.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bully, S. 2020. Penanaman Nilai Karakter Disiplin Siswa Oleh Guru Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sma Negeri 1 Wewewa Selatan. Gatranusantara, 18(1), 1–10.
Buku Induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025, dalam Puskurbuk, Januari 2011
Raka, Gede (2006).Guru Tranformasional Dalam Pembangunan Karakter dan Pembangunan Bangsa, Makalah, Orasi Dosen Berpretasi Tingkat Poltekes dan Tingkat Nasional, Jakarta: 10 Nopember 2006.
----------- (2006), Pendidikan Untuk Kehidupan Bermakna. Makalah, Orasi Ilmiah pada Hari Wisuda Universitas Kristen Maranatha Bandung, 25 Maret 2006
--------- (2007), Pendidikan Membangun Karakter, Makalah, Orasi Perguruan Taman Siswa, Bandung 10 Februari 2007
Republik Indonesia (2003) Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas
Ibrahim, R. dan Sujana, N. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sumantri, E. (1993). Pendidikan Moral: Suatu Tinjauan dari Sudut Kontruksi dan Proporsisis. IPS_UPI. Bandung.
Winecoff, H.L. (1986). Values Education: Concept and Models. Bandung: PPS-UPI.
Dianti, P. 2014. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 58–68.
Juliardi, Budi. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hasan, dkk. 2010. Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk daya Saing dan Karakter Bangsa. Kemendiknas. Jakarta.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Kurniawan Syamsul, 2016. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muslich. Masnur 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Moleong. 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Milles & Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Nurmalisa, Y., & Mentari, A. 2020. Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika, 07(1), 34–46.
Saleh, Abdul Rahman. 2011. Percikan Pemikiran Di Bidang Kepustakawanan. Jakarta: CV Sagungseto.
DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eti Junita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.