KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN DARING ERA PANDEMI COVID-19

Siti Khomairroh, Siti Dewi Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter disiplin peserta didik kelas tinggi, dan menyajikan persentase tingkat kedisiplinan peserta didik kelas tinggi pada pembelajaran daring di SD Negeri 04 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah 39 peserta didik kelas tinggi dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kedisiplinan peserta didik kelas tinggi pada pembelajaran daring di SD Negeri 04 Palembang berada pada kategori cukup dengan persentase 62%. Dari 39 peserta didik, 24 peserta didik (62%) ada pada kategori sangat baik, 9 orang (23%) berada pada kategori baik, 2 peserta didik (5%) pada kategori cukup, 3 peserta didik (8%) kategori kurang dan 1 peserta didik (2%) sangat kurang.


Keywords


Discipline, character, learning, online

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.(7), 5, 395-402.

Didik, K. P., Suriadi, H. J., & Firman, R. A. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Elfidawati, E. (2020). Peningkatan Kedisiplinan dan Kualitas Pembelajaran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Supervisi Akademik di SD 009 Kuala Terusan Pangkalan Kerinci. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(2), 171-179.

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9.

Firman, F. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Disiplin Siswa Dalam Belajar.

Halima & Fajrianti.(2020). Karakter Disiplin Siswa Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemic Covid-19 Di Mtsn 1 Kendari

Hamdi, A., Wahyudi, A. S. B. S. E., & Humaedi, H. (2019). Profil kemampuan teknik dasar sepakbola terhadap siswa SMP Negeri 2 Kasimbar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 7(1), 103-113.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona virus disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119- 129.

Kemendikbud. 2020. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (2020) Panduan pembelajaran jarak jauh : bagi guru selama sekolah tutup dan pandemi covid-19 dengan semangat merdeka belajar. Manual. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Jakarta.

Lestari, A. R., Chan, F., & Pamela, I. S. (2021). Analisis Kedisiplinan Siswa Selama Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Menkes RI. (2020). Surat Edaran No. HK.02.01/MENKES/2020 tentang Protokol Isolasi Diri Sendiri dalam Penanganan Coronavirus Diseases (COVID-19). Kementerian Kesehatan RI.

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952-959.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Nadi Suwarna Bumi. Jurnal Semarak, 1(1), 66-82.

Syakurah, R. A., & Moudy, J. (2020). Pengetahuan terkait usaha pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(3), 333-346.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

 

 

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online