TINGKAT PRESENTASE KENDALA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 1 JEBUS KABUPATEN BANGKA BARAT

Dewi Zalika Arizki, Siti Dewi Maharani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru serta solusi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Jebus Kabupaten Bangka Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik dilakukan melalui luring dengan pembagian shift yang sudah dijadwalkan oleh sekolah dan di dalam pelaksanaannya masih banyak kendala yang dialami guru yakni kendala untuk memberikan pertanyaan agar dapat memancing rasa ingin tahu peserta didik sebesar 58,3%. Kemudian kendala guru dalam menyampaikan materi pelajaran secara jelas dan sistematis sebesar 58,3%. Kendala guru dalam menyampaikan kegiatan inti pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik sebesar 66,7%. Kemudian kendala guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sebesar 75%.Solusi yang diberikan guru yaitu menerapkan word in question, membentuk team work untuk persiapan sampai pelaksanaan, mengetahui satu persatu karakteristik peserta didik, dan guru memperbanyak referensi mengenai metode pembelajaran.


Keywords


Obstacles; Teacher; Learning.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21.

Andriani, A. (2021). Metakognisi Siswa Operasional Konkret Dalam Pemecahan Masalah Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 87-97.

Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran tematik integratif pada kurikulum 2013 di kelas rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35-46.

Chandra, A. (2018). Hubungan perhatian orang tua dan iklim sekolah dengan disiplin pada siswa SMP N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Psychomutiara, 1(1), 1-14.

Karli, H. (2015). Penerapan pembelajaran tematik SD di Indonesia. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1).

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016, February). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 672-688).

Melinda, M., & Suganda, V. A. (2021). Analisis Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn 139 Palembang (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Noor Hafidhoh, M. P. I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(01), 50-58.

Prastowo, A. (2019). Analisis Dalam pembelajaran tematik terpadu. Prenada

Media.

Putra, E. A. (2016). Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kuantitatif). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(3).

Suhartono, S., & Idawati, I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Darussalam Sambiroto Baron Nganjuk. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 19(2), 1-15.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi pembelajaran tematik di kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139-144.

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis teknik penilaian sikap sosial siswa dalam penerapan kurikulum di SDN Watulimo. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21-30

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136.

Wandini, R. R. (2017). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik. NIZHAMIYAH, 7(2).




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

 

 

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online