KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK DONGENG DI KELAS III SD NEGERI 1 MUARA ENIM

Devi Liasari, Marwan Pulungan

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif kuantiatif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada guru dan tes berupa soal pilihan ganda dan uraian kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sebagian besar peserta didik berada pada kategori cukup, dengan rincian terdapat 1 orang dengan persentase 5% berada pada kategori baik sekali. Selanjutnya terdapat 6 orang dengan persentase 30% dalam kategori baik. 10 orang dengan persentase 50% berada pada kategori cukup. Kemudian 3 orang dengan persentase 15% berada pada kategori kurang. Dengan demikian secara keseluruhan, kemampuan peserta didik dalam menentukan unsur intrinsik dongeng pada Subtema Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia di Kelas III SD Negeri 1 Muara Enim berada pada kategori cukup. Selanjutnya untuk mengurangi kesulitan peserta didik dalam menganalisis unsur intrinsik sekolah harus menambah buku-buku bacaan khususnya dongeng, guru dalam mengajarkan materi unsur intrinsik dongeng harus menggunakan berbagai metode pembelajaran ataupun media yang menarik agar peserta didik bisa lebih mengerti unsur intrinsik dari dongeng.


Keywords


Analysis, Ability to determine intrinsic elements, Fairy tales, Solution

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Destiani, D. Umar Effendy & Siti Hawa (2018). Model Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 25 Indralaya. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. Vol 2(5):118

Fitrah & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian. Sukabumi: CV Jejak

Fitriani, Wahyu. (2019). Dongeng dapat Membentuk Karakter Anak Menuju Budi Pekerti yang Luhur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vol 2(1): 178-183

Habsari Zakia. (2017). Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Infromasi. Vol 1(1): 21-29.

Irmayani. D. Laihat & Yosef (2019). Efektivitas Penggunaan Media dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. Vol 6(1):11

Kurnianingsih, Y. Sonya Sinyanyuri & Lubna Assagaf (2018). Tema 2 Menyayangi Hewan da Tumbuhan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013: Buku Guru SD/MI Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kurnianingsih, Y. Sonya Sinyanyuri & Lubna Assagaf. (2018). Tema 2 Menyayangi Hewan da Tumbuhan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013: Buku Siswa SD/MI Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Nurgiyantoro, Burhan. (2019). Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Pandu Ankarkina Primadata & Alfan Biroli. (2020). Tradisi Lisan: Perkembangan Mendongeng Kepada Anak di Era Modern. Jurnal Jember University Press. Vol 1(1): 496-505.

Rosyadi, Dedi. (2020). Teknik dan Instrumen Assesmen Ranah Kognitif. Jurnal Tasyri. Vol 27(1): 1-13

Rukiyah. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Jurnal Kajian Budaya, Perustakaan dan Informasi. Vol 2(1): 99-106.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitan Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional

Widayati, Sri. (2020). Buku Ajar Kajian Prosa Fiksi. Kotabumi: LPPM Universitas Muhammadyah Buton Press




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433