KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA GURU KELAS V SD NEGERI 021 SUNGAI KUNJANG

Sukriadi Sukriadi, Rika Ayu Lestari, Yudo Dwiyono, Kusdar Kusdar, Muhammad Ramli Buhari

Abstract


Dampak pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya penerapan pembelajaran dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring dituntut adanya keterampilan variasi guru dalam mengajar agar tujuan pembelajaran bisa tercapai seperti pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan dan faktor pendukung dan faktor penghambat keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran daring pada guru kelas V SDN 021 Sungai Kunjang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2020/2021. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas V, dan kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru kelas V SDN 021 Sungai Kunjang sudah cukup terampil dalam mengadakan variasi pembelajaran daring. Aktivitas pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp, classroom, zoom, dan that quiz. Metode pembelajaran dominan menggunakan metode penugasan berupa soal latihan, praktik, dan kuis; 2) Faktor pendukung yaitu adanya bantuan kuota internet gratis, tersedianya pelatihan IT dan webinar untuk guru. Sedangkan, faktor penghambat yaitu kurang optimalnya perhatian orang tua di rumah dalam membimbing anak saat proses pembelajaran daring, dan kendala pada jaringan internet.


Keywords


keterampilan variasi pembelajaran daring; guru sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Ruslam. (2018). Profesi Keguruan . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Barokah, MA, Laili Etika Rahmawati & Markhamah. (2020). Variasi Tugas dan Aktivitas Pembelajaran dalam Masa Pandemi Korona di SMK. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan Keguruan dan Pembelajaran, 4(2):82-87. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.14118

Hardani, dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

Maulana, Muhammad Arief, Fitri Yulina Sitanggang, Fathimah Mushlihah, Wiyadi & Ninik Wahyu Sayekti. (2020). Peran Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Advice, 2(2):112-119.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Sarnu Untung.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1):1-12.

Sari, Anjarria Lestari, Hasmalena & Laihat. (2021). Penggunaan Media Sosial WhatsApp pada Pembelajaran Daring di Kelas I SDN 25 Indralaya. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8(1):48-55. https://doi.org/10.36706/jisd.v8i1.14366

Sidiq, Umar dan Miftachul, M.C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Siyoto, S & Sodik A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanti, Anik. (2020). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1):51-62. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1516

Wijoyo, Hadion. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri.

Yuliani, dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan. Denpasar: Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433

 

 

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://biologi.ui.ac.id/wp-content/themes/idnslot/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://uptikayu.disperindag.jatimprov.go.id/uploads/ dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online slot online